Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Sunday, July 5, 2015

Sekilas Sekolah Musik Yamaha

Okay...
Saya dan suami tergolong Nol besar dalam hal keahlian bermain musik atawa musikalitas..
Yah suami lumayan Nol nya agak kecilan dikit sih bisa ngegitar dikit dulu pas kuliah.. saya sempet lihat beberapa kali dia ngiringin ibadah jumatan di kampus dulu.
Tapi setelah merit.. di rumah juga gak punya gitar, jadilah gak pernah lagi main gitar.. saya juga gak tau dia masih bisa apa ngga..
Kalo saya, dulu pas kecil dan sekolah di Canning street Primary School, Newcastle Upon Tyne, pelajaran music itu wajib dan saya waktu itu sempet belajar biola. Cuman dasar dulu kakak saya bilang suara permainan biola saya jelek cuman ngak ngek ngok.. jadilah saya percaya banget bahwa saya emang gak bakat.. dan akhirnya pas pulang ke Indo plus dulu gak ada Yamaha Music School kali ya.. or dulu emang gak punya duit aja sih.. maka gak nerusin tuh biola.
Selama sekolah, kuliah dan kerja sempat lah beberapa kali ikut paduan suara.. tapi ya suwer buat ngerame-ramein aja.. kalo suara saya mah apa atuh..

Jadinya berangkat dari ambisi saya pribadi.. Thania kudu bisa main music.. paling ngga nanti bisa ikut melayani di Gereja kan kalo bisa musik :)
ditambah dengan guilty feeling saya sebagai ibu yang gak pernah anter anaknya sekolah.. maka saya pengen punya aktivitas yang bisa saya jalanin berdua ama Thania.
So.. mulai 3 tahun saya daftarin di Music Wonderland.. Yeaaay
sebenernya pengen dari usia 2 tahun.. biar bisa kaya si Tiger Mom itu.. halahh.. tp belum ada di Balikpapan ini sekolah musik buat 2 tahun.

Di Balikpapan ini sebenarnya ada juga tempat belajar music seperti Purwacaraka yang letaknya di BB, lebih dekat rumah.. tapi setau saya gak ada buat yang anak 3 tahun.
Nah Yamaha Music School ini letaknya di Ruko BSB.. perfect kan ya.. abis les musik ke ewalk jalan-jalan sore :D

Sempet tanya temen kantor juga yang sekarang anaknya jago bingit piano setelah belajar di Yamaha.
Daann... siapa sih yang gak kenal Yamaha.. lebih internasional dan melegenda keleeeuss.. :D
standardnya internasional .. ah whatever, yang jelas untuk sekolah music sebenernya cuma pertimbangannya yang mana yang bisa buat anak 3 tahun.
Plus baru tau belakangan kalo ikut klub music di kantor dapet potongan harga 100 rb buat les,,, yippiieee...
sayang taunya belakangan.. dah setaun bayar full baru tau.. hmmppphh..

Kembali ke Music Wonderland (MW)...
Music Wonderland ini dimulai dari usia 3 tahun dan dibagi 2 semester, jadi ada MW 1 dan MW 2.
Di MW ini anak wajib didampingi ortu atau * atau pokoke orang dewasa..
Biaya registrasi waktu itu 400ribuan dan biaya kursus 450 per bulan.. trus di awal semester juga ada biaya buku sekitar 500 rb an.. buku itu juga ada CD lagu-lagu untuk belajar di rumah.
ehm ehm... mayan meheel yee boook.. makanya berusaha untuk selalu rajin masuk.
Semesternya mulai Feb - Agt. dan lama pertemuan sekitar 45-50 menit, sekali seminggu.
Kegiatan selama MW 1 lebih banyak bernyanyi, mendengarkan ketukan, bernyanyi di depan, story telling with music , singing and dancing dan pengenalan keyboard sedikit2..
Pengenalan keyboardnya seperti main pakai 1 jari (semut-semut) 2 jari (kepiting), pakai kepalan tangan (gajah). Banyak juga aktivitas yang dilakukan dengan partner (yaitu kita para pendamping), seperti tepuk tangan dan menyanyi..
So far Thania semangat banget kalo mau les ini..
oh ya sebenernya menurut kakak guru.. Yamaha Music School itu bukan "les" musik ya.. tapi "sekolah" musik.. makanya ada ujiannya nanti pas udah tingkat lebih tinggi.
Hasil dari MW 1 ini memang Thania mulai mengenal keyboard, trus mulai memahami ketukan ketukan sederhana, ritme musik cepat atau pelan. dan memang yang diharapkan dari MW adalah kecintaan terhadap musik itu sendiri.

Selesai MW 1 lanjut ke MW 2 (Agt - Feb), biaya kurang lebih sama sama MW 1. Durasi pertemuan juga sama. Materi hampir sama dengan MW 1, namun dengan lagu-lagu yang lebih kompleks lagi dan lebih banyak bermain di keyboard. Mulai belajar lebih serius soal solmisasi jugak.
Memang awal-awal pakai keyboard anak-anak pasti rusuh deh.. pencet sana pencet sini gak jelas.. jadi kalo MW jangan harap bisa menemukan permainan yang udah bagus atau teratur dari anak-anak.. yang ada semua main gayanya sendiri dengan rusuhnya..
tapi emang gitu kali ya perkembangannya, buktinya pas udah naik tingkat ternyata bisa juga anak-anak yang rusuh itu akhirnya memainkan lagu-lagu sederhana... terharu :)

Anyway back to MW 2, disini terus terang banyak bolosnya Thania.. kalo gak dia emang lagi sakit, atau saya yang waktu itu hamil suka mabok or lemes.. jadi lah kita bolos..

Bagusnya MW ini juga karena didampingi terus sama ortu, maka si ortu yang kemampuan nya Nol besar ini bisa belajar juga dikit-dikit.. wkwkwkwk

Nah selesai MW 2 lanjut ke Junior Music Club (JMC 1), JMC ini sendiri ada 4 tingkat nantinya dan tiap tingkat 6 bulan atau 1 semester . Durasi pertemuan 60 menit dan masih 1 minggu sekali.
Biaya naik 100rb, jadi 565 per bulan, biaya buku juga sekitar 500rban .. atau lebih mungkin.. krn selain dapat buku dan CD dapat juga peralatan seperti board untuk belajar not balok, dan DVD yang bisa dipakai belajar di rumah.
Boleh aja gabung JMC tanpa ikut MW.. mulai 4 tahun usianya.

Harus diakui memang peralatan, buku de el el nya Yamaha itu mahal.. tapi emang disusun sangat menarik dan merangsang anak untuk mendengarkan dan berlatih.

Nah di JMC 1 ini saya udah melahirkan dan gak mabok.. plusss ada ujiannya.. jadi harus super rajin deh belajarnya. Emang dalam ujian nya gak ada lulus gak lulus.. semua pasti naik tingkat katanya.. tp ya kita harus berusaha ya kaaaannn..
Di JMC udah bener-bener belajar solmisasi, dan not balok bok.. emaknya yang deg degan pertama blajar not balok.. takut si bocah gak bisa ngikutin.. Emaknya juga dah lupaa euuy.
Puji Tuhan sih lumayan bisa ya.. kadang masih suka lupa, tapi liat liat temennya sama aja.. so wajar aja kayanya.

Terus terang amazed banget sama perkembangan semua anak-anak di JMC 1 ini.. yang awalnya plonga plongo :D .. dan super rusuh pukul pukul keyboard, sekarang sudah bisa mainin lagu sederhana dengan tangan kiri dan kanan (walaupun masih bergantian mainnya).

Thania kemarin pas perpisahan kelas di KB nya kan sempet dia dengerin kakak-kakak TK nya diajarin gurunya lagu Gundul-Gundul Pacul pakai angklung dengan solmisasi.. eh tau-tau di rumah dia bisa mainin lagu itu di keyboard.

Buat saya si Ortu Nol Besar ini.. hal itu sungguh menggembirakan.. Go Thania Go.. :)
So bulan depan Thania mau ujian, dan dia udah milih lagu yang mau dimainkan.. tinggal sebulan ini mumpung liburan harus rajin latihan. God help me...
Suwer terkewer kewer.. emaknya yang deg degan nih.. anaknya mah belon ngerti konsep ujian dan nyantai.. kalo dibilangin Thania harus rajin latihan ya.. jawabnya cuman.. "iyaaaa.."

Terus dengan ngedampingin les ini juga terus terang bisa lebih liat perkembangan anak.. saya jadi lebih ngerti sifatnya yang sedikit show off kalo sudah bisa.. dan sifatnya yang gak mau salah, dan gak mau lebih gak bisa dari temennya.. hmmm emang sifat anak kecil apa nurun sapa yak? hhehehe

Semoga sukses ya ujiannya Nak.. Bunda is really proud of you :)

Update Jan 2018, Thania sudah JXC 2,
https://m.youtube.com/watch?v=cbIoXIfNyH8

silahkan ditonton di link youtube diatas permainannya :)






12 comments:

  1. sincere music sama nuansa musik apa perbedaan nya ka ?

    ReplyDelete
  2. Sangat berguna bgt tulisannya buat aku mb, thanks. Anakku rnc mulai kuikutkan minggu ini. Smga bs semangat spt kak Thania. Thanks bgt.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Maaf Numpang PROMO Ya Hehehe

    Berminat belajar gitar bergaransi, pengajar berpengamalan dengan metode yg effective, fast, fun and enjoy . mudah di mengerti meskipun anda baru pemula dalam memainkan alat musik gitar.

    Apakah Anda merasa tua dan malu untuk belajar gitar ?? Merasa susah belajar gitar ?? Sudah masuk sekolah gitar ternama dengan biaya sangat mahal tetapi hasil tidak maximal dan sudah menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk belajar gitar tetapi tidak membuahkan hasil yang Anda harapkan ???

    Itu bisa di karenakan metode pengajaran yang salah atau hanya mengutamakan kepentingan bisnis bukan kualitas !!

    Apakah Anda akan tetap melanjutkan dengan hasil yang seperti itu ??

    Apakah Anda masih ragu bergabung dengan kami ??

    Bergabunglah dengan kami untuk memulai belajar gitar. sudah banyak murid yang membuktikannya dan dalam waktu singkat sudah bisa memainkan gitar dengan baik, kami berikan garansi jika dalam sebulan tidak ada kemajuan, syarat dan ketentuan berlaku !!

    Apakah Anda masih ragu ???

    Untuk biaya belajar dengan kami sangat flexible, sebulan minimal ada 4x pertemuan, sekali pertemuan 30-90menit, Tergantung Anda dalam memilih waktu, bisa mengatur jadwal les sesuai dengan waktu luang Anda, jadi kami sangat flexible dari segi waktu dan biaya. Untuk biaya lebih hemat silahkan ambil paket 3bulan dan kami berani berikan garansi sebagai bukti kualitas kami dan silahkan konsultasikan kebutuhan Anda (FREE)

    Info lebih lanjut bisa hubungi kami.
    Silahkan visit www.flacoustic.com

    Terimakasih Atas Kepercayaan Anda.
    Salam Hormat Kami,
    [ FLACOUSTIC ]

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Salam kenal, saya dari Balikpapan juga, komunitas Blogger Perempuan. Thania sudah level apa di Yamaha Music School? Saya berniat memasukkan anak saya juga. Kalau boleh tahu di Wonderful Land kegiatannya apa saja ya?

    Boleh yaa sharing tentang parenting di Blog saya juga.
    http://www.bombonasam.club/2017/06/rumah-adalah-tempat-bermain-terbaik.html

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Orang dewasa bisa gabung juga gak sis ??

    ReplyDelete