Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Wednesday, November 14, 2012

Bye Bye Xenia...




Ah mo curhat dikit soal Xenia merah..
mobil pertama kami yang dicicil pake keringet sendiri :)

akhirnya minggu lalu resmi berpindah tangan.. setelah 4 tahun menemani dalam suka dan duka..
Terjual setelah 2 minggu diiklankan di koran, dan kemana2 ditempelin label "Dijual" di kaca mobil.
Kita putuskan untuk segera menjual setelah mobil pengganti datang *another related story

Well..
pengalaman pertama jualan mobil nih..
Lumayan bingung nentuin harga jual awalnya berapa .. karena gak mau rugi juga dong.. secara tuh mobil dah ditambahin macem2.. trus waktu itu juga belinya di Jkt (dulu KTP masih Depok, jadi bisa beli disana) trus dibawa pake cargo pula..
Emang sih di Jakarta lebih murah , bedanya lumayan bisa 10 jt - 15 jt aja.. :(
Tambahan di mobil yaitu, di baris tengah udah ditambah seat belt, udah tambah CD player, trus cover joknya baru (beli di Jkt).. dan lain2..
Jadi kita tetapkan lah harga awal.. yang akhirnya kita turunin juga sih melihat pasarnya :)

oh ya, kelemahan mobil itu cuma 1.. ban nya udah lama (4th) tp belum sepenuhnya botak sih..
Mesin oke, karena rutin servis dan ganti oli.. BBM juga sering pake Pertamax, apalagi setahun belakangan ini dimana Premium suka langka di Balikpapan.
Awal mobilnya baru juga kami isi Pertamax karena sebenernya spek mesinnya adalah dengan bahan bakar oktan 90 keatas akan lebih baik pembakarannya.. (semua mobil jaman sekarang, juga sebenernya bahan bakar oktannya harus 90) well dulu pas Pertamax masih rp 6000 sih oke aja.
Lha sekarang 10 rb.. tp ya karena males nganti lama banget di SPBU, dan setelah dipikir2 bahwa BBM subsidi itu seharusnya bukan buat kami, tapi buat yang lebih membutuhkan , jadi untuk sekarang kami putuskan selalu pakai Pertamax. Mesin jadi enteng dan tarikan lebih mulus.. terasa banget di mobil.

Anyway, soal Pertamax ini ternyata sesuatu banget deh pas nanti jual mobil... Tell u later..

Dulu sebelum ada mobil, kemana2 naik angkot.. dan jalan kaki menanjak sampai ke rumah kontrakan yang dulu .. yah kurang lebih setahun begitu.
Makanya pas akhirnya punya mobil.. bahagia tiada tara.. hehe
walaupun waktu itu cicilan nya lumayan juga buat keluarga muda
makanya suka heran klo orang pada punya mobil bagus2, gajinya abis buat nyicil mobil doang apa gajinya emang gede banget ya?
hehehehehe...
anyway rejeki orang masing2..
dan mobil ini suatu anugrah yang luar biasa.. memudahkan ke mana2 dan terutama pas hamil sangat memudahkan..

Well, akhirnya setelah banyak banget yang nelpon, beberapa serius sampe lihat mobilnya, liat mesinnya.. beberapa nelpon aja nanya harga..
beberapa rese banget, nawar murah banget, belum liat fisik tapi maksa.. huh, dengan alasan dia di Samarinda.. so what gitu loh.

akhirnya ada teman2nya teman yang bener2 tertarik..
disamperin tuh mobil ke kantor dan dilihat luar dalem, bodynya di cek teliti banget.. trus kap mesin dibuka diliatin semua2nya, dan akhirnya minta test drive keliling parkiran..
saya kasi tau semua soal mobil itu.. emang pernah diserempet motor jadi udah pernah body painting,
BBM biasa pake Pertamax biar enak dan pasti mesin masih oke.
sepertinya dia serius..
Minta liat BPKB tp karena saya gak bawa ya udah janjian lagi besok, sekalian dia mo diskusi sama orang rumah katanya
Baru kali ini ada yang sepertinya tertarik beneran.. nawar nya juga realistis, so saya agak sedikit mikir.. sptnya serius beneran.. tapi tetep aja selama belum transfer duit atau apapun bisa batal.
Tetep berharap sih biar segera laku, jadi duitnya bisa dipake invest buat pendidikan anak nantinya :)
lagian punya 2 mobil rempong cuuy.. secara garasi cuman muat 1 mobil.. jadi sering merasa bersalah sama tetangga klo parkir di jalan nyempit2in ajee..

Dikasi tau sama nyokap kalo jual mobil jangan mau terima uang cash, takutnya uang palsu, trus minta segera balik nama jadi kitanya juga ga repot nanti klo harus bayar2 pajaknya..

Jadi besokannya saya bawa BPKB sambil agak menanti2 dihubungi si bapak..

ealahhh.. kejadian juga.. pagi2 si bapak sms bilang "gak jadi bu, karena saya lebih suka mobil yang diisi bensinya Premium"

gubrakkkksss.

sumpah gubrak banget saya.. terus terang ya , kalo gak jadi ya gapapa juga, tapi kok ya alasannya kaya gitu?? alasan doang, atau emang gak tau??
males deh saya..

Tapi karena mungkin jiwa sales saya muncul saya bales deh sms nya.
S = saya B = Buyer
S : "Ya gapapa pak kalau ngga jadi, kemarin saya bilang saya isi Pertamax untuk nunjukun pasti mesin saya bagus karena saya pun isi bahan bakar dgn oktan tinggi. Itu pilihan saya pribadi, tapi bukan berarti ini mobil gak bisa diisi Premium"
S : "Pilihannya ada di masing2 pak, dan bukannya Premium itu sebenarnya nanti bakalan buat mobil angkutan umum aja??"

B: "ya bu tapi kami pilih Premium aja"
S: "ya terserah bapak, selama Premium belum dilarang untuk dipakai mobil pribadi sama pemerintah"
B :"tapi ibu pernah gak isi Premium"
S: "ya pernah lah, dulu waktu sempet Pertamax jadi mahal dan kita kaget sama harganya, lagian mobil jaman sekarang emang harusnya Pertamax pak, kalo mau isi yg lebih rendah spek nya ya resiko sendiri ke mobil nya. Coba bapak cari info aja dulu soal Premium dan Pertamax , kalo saya prinsipnya ga jadi ya gapapa"

-- padahal kesel juga gue dah bawa BPKB segala dan alasan yg gak masuk akal.. huh

B : "oke bu saya diskusi dulu"

Well , bukannya saya sok tau ya.. saja juga secara teknis gak ngerti perbedaan lebih spesifik soal Premium dan Pertamax selain oktannya dan harganya ya bokk..
tp yang jelas klo pake Pertamax itu pembakaran lebih bagus apalagi buat mobil jaman sekarang yang rata2 sistem fuel injection gitu.. trus bakalan gak sering "knocking" mesinnya.. atawa ndut2an .
--> ini juga pengetahuan umum hasil browsing..

Sorry ya walopun saya wanita, bukan berarti gak ngerti sama sekali soal mobil.. saya pun biasa cuci mobil sendiri, sekedar ngisi air wiper dan ngecek oli bisa juga.. penting banget gak seeeh? hehehehe

trus cerita deh ke teman kantor kalo gak jadi dibeli mobilnya karena masalah Pertamax, trus temen itu bilang.. "tenang aja mbak, nanti juga orangnya balik"

Eh bener juga.. gak berapa lama, orang nya sms, "oke bu kami jadi ambil, tolong sms nomor rekening, hari ini juga saya transfer"

Cihhhuuuiiiii... hehehehe..
seneng deh.. berhasil juga gue yak..

ada tambahan sms "tapi nanti saya mau pake Premium selama belum dilarang"
errrrr.. yo wis itumah terserah aja pak.. hihihihi

Katanya lagi : "saya kira tuh kaya mobil yang cuman bisa Pertamax bu",
Saya jawab: "Mercy kali pak? Mercy aja isi premium?" apa motor tertentu? entahlah.. tapi ini Xenia cuuy :D
Saya bilangin, karena Pertamaxnya masih 1/2 tangki ditunggu sampe kosong dulu ya pak baru ganti Premium..
Duh gak pernah nyangka ya klo Pertamax ini jadi issue bangets.


Setelah dilihat BPKB , dan cek oli sekali lagi, transaksi dilakukan, mobil berpindah tangan saat istirahat kantor, salaman.. dan bersihin mobil dari barang2 pribadi untuk terakhir kalinya.. dan berdoa dalam hati semoga baik2 aja mesinnya setelah dijual :)

Dan ketika mobil itu akhirnya dibawa.. sumpahhh jadi sedih dan melow gitu.. astaga..
kok jadi sedih gitu ya.. tadi rasanya pengen cepet2 jual, tapi giliran udah dijual.. sedih banget.. melow..
jadi inget kenangan2 yang udah dibuat dalam mobil itu.
No wonder ya ada orang2 yang gak pernah jual mobil sampe elek.. heheh

Well.. bye Xenia merah.. semoga pemilik barumu merawatmu dan memperlakukanmu dengan baik.. bahkan lebih baik dari kita ya (yang kadang sampe 2 minggu lebih gak nyuci mobil)

Semoga mobilnya bisa menjadi berkat buat keluarga pak H.. :)

Bye.. and have a wonderful journey to the new owner :)


No comments:

Post a Comment