Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Saturday, March 24, 2012

Pudding Alpukat ala Witono



Weekend adalah saatnya mencoba resep..

Terinspirasi dari pudding alpukat di X.O Suki & Dimsum pas kita makan di Ambarukmo Plaza Jogja minggu kemarin yang rasanya wueeeenaaaak tenan.. jadi deh saya kecepingin membuat tiruannya J

Pudding ini gak cuma cocok buat kita-kita tp juga cocok buat Thania.. soalnya Thania doyan banget alpukat.. dannnn... ternyata saya berhasil... yipppiiiee.. rasanya wuenaaaak tenan boleh diadu. Cuman bikinan saya agak kemanisan dikit.. gapapa klo dah dingin manisnya kan aga ilang tooh. J

Resep sih ngambil dari buku resep nya Sedap Sekejap edisi Pudding dengan beberapa modifikasi biar simpel, irit plus nyesuain bahan yang ada.


Versi kami:

Bahan :

Alpukat mentega yang matang (kemarin beli di Giant 2 biji 35 ribu aja... L L), kalo belum matang diperam dl di beras 2 hari/ sampe empuk. Cara milih yang bagus kalo di kocok/ shake bijinya dah terlepas.

Gula 200 gr (secangkir / sesuai selera)

Susu UHT 500 cc

Air matang 300 cc

Telur 3 (dipisahkan kuning dan putihnya)

Agar2 swallow 1 bungkus warna hijau

Pembuatan :

1.       Blender sampai halus alpukat, tambahkan sedikit air agar mudah di blender. Sisihkan dulu campuran alpukat. (TIPS : Alpukat di sisihkan dulu dan di campur paling akhir agar tidak pahit, jadi alpukat tidak ikut dimasak ya..)

2.       Campur agar2 dengan susu, gula dan air matang, aduk

3.       Didihkan api kecil sambil diaduk2

4.       Kocok kuning telur à pisahkan dulu dari putihnya

5.       Setelah timbul busa – busa/ mendidih, ambil sedikit/ secentong atau 2 centong campuran agar dan masukkan dalam kocokan kuning telur dan diaduk dimangkok. Campuran agar dan telur tersebut dimasukkan sedikit2 ke dalam adonan agar di kompor kembali sedikit2. Kemudian aduk2 merata. (TIPS : untuk mencampur kuning telur metodanya spt itu, campurkan dl agar yang sdh mendidih ke kuning telur, aduk dan baru campuran telur dan agar dituang ke campuran agar utama)

6.       Angkat setelah matang.

7.       Kocok dengan mixer putih telur sampe mengembang dan kaku.

8.       Campurkan putih telur ke agar-agar (kalau saya hanya setengahnya aja takut amis)

9.       Terakhir campurkan alpukat dan aduk semuanya dengan mixer (kecepatan rendah), lalu kalau saya terakhir banget ditambahkan rum sedikit agar amis telurnya ilang.. J

10.   Tata di loyang/ gelas.

Bon apetit... wuenaaaaakkk tenan.. (suer ini... jarang2 gw bikin sesuatu seenak ini.. , jadi kepengen makan terus.., mudah2an Thania kebagian ya J J hehehehe)

1 comment: