Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Wednesday, March 7, 2012

Nanny Story



Mau sedikit cerita seputar art, nanny atau pengasuh di rumah ah.. sama soal pengaruhnya ke kedekatan ke anak.. yah sharing dari pengalaman pribadi aja.

Jadi semenjak dulu hamil anak pertama (Gaby -in heaven), kami sudah mempersiapkan diri dengan mencari art yang nantinya akan membantu di rumah. Karena kami berdua kerja, rencananya saat itu adalah memiliki 1 art dan 1 BS/ nanny.
Tetapi karena takdir berkata lain, maka akhirnya gak jadi punya nanny.. hanya ada art aja yang tetap menemani kami saat2 gak jadi punya baby. Mbak Atun amanya.. Orangnya sangan pembersih dan cekatan, masakannya enak dan kerjanya cepat. Dia cuma lulusan SD sih, tapi semangatnya besar.
Well, anyway saat memutuskan punya art, kami sudah memutuskan bahwa siapapun yang tinggal di rumah kami akan diperlakukan selayaknya keluarga. Ya mungkin gak bisa 100% seperti keluarg asli tapi at least we're gonna try.
Dia akan makan bersama kami, makanan yang sama tidak dipisahkan. Kamar mandi pun sama dan peralatan mandi kecuali sabun pun sama. Saat itu kami masih kontrak rumah, dan hanya punya 1 kamar mandi.. jadi ya memang sharing jadi hal yang wajar.
Secara umum, semua berjalan lancar aja, bahkan si mbak pun sering kami ajak makan diluar, jalan2 dan karaoke bareng pun pernah. Cuman waktu itu satu hal yang saya kurang cocok adalah selera nonton tv kami yang sangat berbeda.. tapi sueeeeer deh saya lebih banyak ngalahnya.. hehehe. Apalagi dulu belum langganan yes tv. Ada sih tv kabel abal2.. Akhirnya menjelang tahun ke 3 bersama kami, si mbak resign karena akan menikah. Sampai sekarang kami masih terkadang sms-an untuk menanyakan kabar :)

Nah pengganti mbak Atun, mbak Wasis, juga dipasok mamaku dari Jawa, tadinya hanya sebagai art biasa, tpi semenjak Thania lahir, kami upgrade (kaya software aja.. hihihihi) jadi nanny. Tadinya mau mencari sesorang yang benar2 certified sebagai BS, tetapi setelah dipikir2, kami sudah percaya mbak Wasis, dan sepertinya bisa nanganin bayi juga.. so be it..
Beneran deh sebagai ibu baru saat itu, saya bener2 gak bisa yang namanya gendong bayi lama2.. apalagi gendong jarik.. halaaaah.. susye amat. Sekarang boleh diadu deh gendongan gue :D
Jadilah dulu saat saya lagi gak sabar, dan Thania nangis2, digendonglah oleh mbak Wasis, dan voilaa.. diem dan langsung tidur gak berapa lama .
Oh ya untuk mbak Wasis, sama konsepnya kaya mba Atun, makan makanan yang sama, di meja makan. Kamar mandi sekarang beda sih  karena udah rumah sendiri dooong.. (sombong.. timpuk aja.. wkwkw), kami bener2 berusaha memperlakukan sebaik mungkin karena memang kami bener2 perlu seseorang yang dipercaya jagain Thania. Semoga semua niat ini bukan pamrih ya..
Mbak Wasis ini lulusan SMP, anaknya cerdas.. hobi banget ngisi TTS kalo ada di koran (ini sebelum mengenal FB siiih)... skrg sih dah doyan hape dia.. wkwkwkw..
Well anyway, soal momong Thania oke aja.. telaten, ngasi ASIP, nyuapin, dan ngajak main. Jadi sekarang saya gak harus tiap hari pulang siang buat ngecek. Saya udah bisa percaya sedikit2.. yah semoga Tuhan selalu jaga kami semua, walopun saya tidak dirumah.

Sebagai seorang ibu bekerja, memang dihadapkan pada terbaginya kasih sayang dari anak kita. Saya rasa itu pasti ya, apalagi kalau sang nanny juga sayang sama anak kita.
Menurut saya, hal itu tidak usah dihalang halangi.. karena itu adalah proses alamiah. Namun bagaimanapun sebagai seorang ibu, saya pun ingin dapat tempat spesial di hati anak.. wajarr banget dong.

Contoh yang suka bikin agak sirik tadinya. Thania lebih cepet belajar kiss kiss mbak dibanding bundanya. Tapi saya biarkan aja, toh lama2 dia udah mau kok kiss kiss bunda.. hehehe
Ada milestones tertentu yg mbak nya tau duluan.. seperti hari ini katnya sempet Thania berdiri sendirian sebentar.. huuuuuh nyeseeeel banget gak liat.. tapi ya udah lah.. nanti juga liat.
Sekarang sih belajar untuk gak ambil hati hal2 kaya gitu...Justru seneng aja ada bonding antara nanny dan Thania.
toooooh at the end of the day, cuma bundanya yang nyusuin Thania dan kelonin Thania.. hehehe..thats my perfect moment with her.
Saya yakin hal -hal tertentu pasti tidak akan tergantikan oleh nanny. Hal-hal tertentu adalah wilayahnya mommy :)

Well, sebagai ibu bekerja ada bbrp hal yang pernah saya baca yang bisa menjaminkan bonding kita dengan anak gak luntur walopun kita kerja 8 to 5.. (sebentar lagi 8 to 6 euuuy)
- Menyusui.. it works.. pasti bakal daleeeem bgt bondingnya.
-Quality time saat pulang kantor (ini agak sulit krn suka cape dan sibuk ini itu...tp tetep main bareng pulang kerja itu wajib walaupun cuma sebentar)
-Kasi nanny free time saat wiken, jadi anak kita handle sendiri. Well kalo ini nilai saya 90 lah.. kadang2 kalo pas cape banget di wiken, masih suka minta bantuan mbak untuk suapin Thania dan  bunda bisa ngilang bentar buat me time or bobo.. hehehe . Dengan ini nanny juga refreshed buat kerja lagi pas weekdays.
-Treat nanny right and with respect and love. Kenapa ini penting, krn kalo nanny happy, anak pun diurus dengan baik.. alamat gak jadi anak terlantar, ibu bahagia, anak bahagia, bonding lancar.. Kesehatan nanny juga harus diperhatiinn karena kalo nanny sakit, anak bisa ketularan dunk..
-Tentu aja rajin juga ngecek anak walopun dikantor :)
-Pagi hari yang cuman sebentar tetep nyempetin ada waktu sama anak, dalam hal ini ayahnya mandiin pas saya masak buat Thania, trus selesai mandi, Thania ikut ngeliatin bunda dandan.. That's our routine.. Jadi intinya ada hal-hal tertentu yang hanya dilakukan keluarga inti yaa.. :)


Ya kayanya gitu aja dulu sharing seputaran nanny ... semoga nanny ini tetep awet ya..

No comments:

Post a Comment