Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Monday, July 9, 2012

My First Financial Planning Class


Ini adalah sedikit catatan soal materi Financial Planning yang saya dapatkan Sabtu kemarin..
Semua adalah courtesy / hasil dari materinya Mas Tofan Saban, bisa juga di check out di : www.catatankeluargamuda.com

1. Financial Planning sangat penting untuk menjamin masa depan kita. Kita berharap nanti di usia pensiun, kita masih bisa hidup enak dengan gaya hidup yang kita nikmati sekarang, kita bisa nyekolahin anak gak pake utang or pusing, kesehatan bisa terjamin juga.. intinya adalah Money Management.

Ada quote yang catchy banget kemarin, dimana diceritakan saat Ibu Sri Mulyani menghadiri rapat dengan World Bank, terungkap bahwa uang / gaji pensiunan di Indonesia sangat rendah sekali, dan World Bank bingung knp orang Indo masih bisa survive.. jawabannya adalah karena pensiunan Indonesia banyak yg numpang sama anak..

Ternyata kita sekarang adalah generasi sandwich, yaitu terjepit antara kebutuhan menafkahi anak sekaligus orang tua.. No offense.. bukannya saya keberatan atau apa, kalau memang itu adalah biasa di Indonesia.. Tapi itu memang membuat saya berpikir.. nanti kalau saya tua, saya tidak mau membebani anak.. Goalnya adalah tetep bisa gaya dan jalan2 saat tua :)

2. Kemudian disampaikan Skala Prioritas Prencanaan Keuangan yaitu :
- Cek dan lunasi hutang konsumtif ( spt kartu kredit untuk beli barang hore2.. :D )
- Cash Flow harus positif ( artinya pemasukan lebih besar dari pengeluaran)
- Bentuk dana darurat ( untuk antisipasi PHK, ada musibah di keluarga, untuk keluarga beranak 1 jumlahnya 6-9 x kebutuhan hidup bulanan)
-Beli asuransi (ini As Jiwa ya.. untuk kepala keluarga/ aka Bread Winner, atau mereka yang memang penghasilannya diandalkan untuk keluarga.. in case smthin bad happens)
- Susun Tujuan keuangan dan investasi (tujuan lo apa? misal mau nyekolahin anak ke Luar Negeri)
- Investasi dana sesuai tujuan dan buatlah portofolio pribadi (kemarin ada exercise nih buat ngitung2 ini)
- Lakukan perencanaan pajak atas investasi
- Lakukan pembagian harta waris (hmmmm.... ini masih blm terlalu dong)

3. Gimana kalo gaji kita kita anggap kecil? well ternyata sama aja sist.. besar atau kecil relatif dan perlu diatur, anyway semakin tinggi penghasilan semakin tinggi pengeluaran.

4. Cash Flow Ideal adalah 30% Tabungan dan Investasi , 30%Hutang (yg penting lho.. spt KPR) dan 40% biaya rutin bulanan
Paling ideal di awal bulan, nabung dan invest dulu, trus bayar cicilan2.. baru sisanya buat kebutuhan sehari hari dan hore hore :)

5. Dana darurat idealnya mudah diakses, cepat kalo diambil (bila butuh) dan aman.. Contoh produknya misal tabungan dengan atm, emas dan Reksa Dana  (RD) pasar uang.

6. Beda Tabungan dengan Investasi
Tabungan - Hanya menyimpan kelebihan dana ; Tidak ada target return; Return < inlasi
Investasi - Memiliki Tujuan tertentu; Memiliki target return sesuai tujuan keuangan dan return > inflasi..

Nah investasi ini adalah salah satu kendaraan untuk mencapai tujuan kita tadi.. yaitu pensiun dengan senang dan menyekolahkan anak setinggi mungkin.. karena hanya dengan investasi kita bisa dapat return yang signifikan.. tentu aja investasinya jangka panjang ya.

Di FP class ini saya juga diajarin gimana ngitung berapa besarnya kebutuhan pendidikan anak kalau nanti 20 th lagi misalnya mau kuliah.. pake rumus FV dan PMT di excel.. ternyata cukup mudah.
Dan memang untuk jangka panjang disarankan untuk invest di Reksa Dana Saham.

well soal reksadana bisa dibaca2 aja di blognya mas Tofan ya..

Seru juga kemaren ngitung2.. tinggal gimana realisasinya aja neh :)
Invest itu perlu... bisa juga buat ngerencanain bikin dapur keren... hehehehe  *winkwink*

2 comments:

  1. Hai Mbak, baru baca nih ada review ttg event kemaren, hehehe. Makasih yah, semoga sharing kemaren bisa berguna untuk mewujudkan dapur kerennya :)

    ReplyDelete