Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Thursday, December 27, 2012

Solo ... The Spirit of Java :)



aaah sudah lama gak nulis..

sudah sebulan gak punya inspirasi.. dan waktu pun gak ada tampaknya,
terakhir posting soal ultah thania dan ada juga posting lama yg akhirnya di publish disini..
in Memoriam Gaby, semata2 karena waktu saya mengalami kejadian itu.. saya banyak dikuatkan juga dari membaca pengalaman orang2 yang pernah mengalami kehilangan..
hanya sekedar mengetahui bahwa saya tidak sendiri dan walaupun dunia terus berputar saya akan selalu mengingat masa itu. dan saya pikir siapa tau kalau saya posting nanti nya bisa juga menguatkan orang lain.

nah sekarang mumpung masih cuti mo cerita sedikit soal liburan kemarin.
walopun sebenernya bawa kerjaan kantor tapi... what the hell lah.. itu bisa menunggu :D

jadi Natalan kali ini memang kita berencana natalan di Solo. di tempat eyang nya Thania dari pihak suami. Semoga tahun depan bisa Natalan di Depok ya.. #lirik tajam ke hubby :D
Tiket sudah jauh hari dipesan sehingga masih dapat harga yg reasonable.

Di Solo big agendanya adalah ke Gereja malam natal #off course# sekalian menjajal Thania ke Gereja malam..
Terus ada arisan keluarga besarnya hubby tgl 25 nya.
Trus naik bis tingkat keliling Solo . Yaaah maklum anak daerah si Thania.. kalo pesawat sering liat di langit, kalo bis, kereta and becak dia belum ngerti.
Tadinya rencana juga mau bawa dia naik kerete api tuh dari stasiun palur ke Solo Balapan..
Naik kereta akhirnya batal krn jadwalnya kepagian.. pan kita kudu nyuapin si kecil.
Kalo naik becak tercapai siiih
Udah gitu aja agendanya sama yah sedikit Christmas Shopping buat emaknya.. xixixixi
Mumpung di Solo ada mol gede namanya Solo Paragon and ada Centro disitu.. dimana mata langsung berbinar binar deh.. xixixix
#lagian punya member Centro masa ga pernah dipake :p

Agenda ke Gereja malam dilalui dengan baik siih.. walopun emang namanya misa malam natal itu penuh nuh nuh dan puanas banget.. belum lagi ceritanya Thania juga pake seragam batik / tenun dari Makassar yang dijahitin eyangnya.. dimana panas banget ya itu baju rasanya.
Akhirnya dia kaya cacing kepanasan deh.. walopun tingkahnya sih masih bisa dikendalikan.. cuman kitanya aja yg kasian. Akhirnya habis komuni dibawa aja buat duduk diluar biar lebih adem.
Sebenarnya saya bawa baju ganti sih buat dia cuman salah bawa.. bawanya yg emang selalu ada di tas yaitu kaos oblong dan celana pendek... hehehe.. kynya saltum aja natalan begitu, akhirnya gak digantiin deh . Yang jelas kalo Thania emang di Gereja pinter aja dia, duduk manis gak lari2, kadang2 sih ngoceh keras2. Terus setelah selesai misa semua orang pada salam salaman dia pun mau salam salaman ama mbah mbah dan orang2.. sesuatu banget deh ini kalo bagi orang2 tua di Jawa :D

Terus ada kejadian nih.. pas shopping di Centro kan ada sinterklas ceritanya. Kurus item tinggi pake baju sinterklas dan pake jenggot putih.. jauuh deh ama gambaran sinterklas.. cuman mayan bawa balon jadi saya ajak Thania ke sana buat foto. Taunya dia takut banget, langsung ngejerit.. dan peluk saya kenceng banget.. histeris banget dan kayanya sih bener2 bikin dia trauma ama sinterklas.. baru kali ini Thania tuh bener2 meluk saya kenceng banget gak bisa dilepasin.. bahkan ngelebihin kalo dia takut sama dokter :(
Well anyway kata eyangnya mudah2an nanti malem bisa tidur dia.. dan beneran deh kejadian malemnya.
Jadi pas malem sebelumnya saya sempet khawatir dia bobo di tempat baru, tapi ternyata gak masalah dia bobo di kamar omnya. Lampu dimatiin dengan hanya pakai lampu kecil, malah sempet dia main2 sama bayangan tangannya sendiri agak lama sebelum ketiduran sendiri.

Nah pas malem habis ketemu santa itu dia tidur tapi gak tenang , matanya kaya lirik kanan kiri sebelum tertidur.
dan pas tuh sekitar jam 12 malem tiba2 nangis nangis jerit2.. sambil kaya ketakutan.
karena dia nangis jadi kita susah nangkep kemauannya.
Akhirnya dia bilang "nyala lampu".
oke so Thania takut gelap kita nyalain lah lampu. Pintu kamar emang dibiarin kebuka biar udaranya adem.
Eh si Thania walopun udah di nyalain lampu kamar masih nangis dan teriak2 sambil nunjuk ke arah luar "masih ada.. masih ada"
Saya dan hubby pandang2an..
Apa nak yg masih ada?
Tetep dia tunjuk ke luar kamar, masih ada masih ada..
Masih ada bayang-bayang katanya.... ada bayang-bayang
Oke....
Bayangan apa ya yg dimaksud?

Sebenernya saya bukan orang yang gampang percaya ama begituan.. tp saya juga gak mau kurang ajar dengan bener2 tidak mempercayai hal2 semacam itu..ntar di liatin beneran mampus deh eke..
Jujur untuk sekian detik saya pikir benar2 ada sesuatu.. apalagi keluarga suami termasuk yg "gifted" dan kadang bisa lihat yang dunia lain itu...
Well..

akhirnya Thania menunjuk sebuah gantungan di depan kamar yang memang menimbulkan bayangan agak besar, dan dia bilang.. ada bayang-bayang..
oooooooh... fiuuuuh
itu toooh #elap keringet, sambil celingak celinguk ngecek ada gak bayang2 lain..
dan ternyata di bagian pintu itu juga akhirnya kita liat juga ada hiasan sinterklas... huuuft..
dasar biang kerok memang sinterklas ini.
Natal is all about Jesus.. not Santa.. itu lesson learnnya kayanya.. semoga Thania juga gak usah percaya sinterklas deh.. hehehehe..

Akhirnya semenjak malam itu kita bobo diluar depan tivi dengan lampu menyala, setiap kali ditanya mau gak bobo kamar. Dia akan bilang ada bayang-bayang.. hehehe
Syukurnya memang Thania ngomongnya udah lancar jadi dia bisa mengungkapkan takut apa.. kebayang deh kalo belum bisa mengungkapkan.. pst kita pikir dia liat sesuatu yang lain deh..
#amit amit..

Back to topic soal liburan..
Sejujurnya kota Solo menurut saya , kotanya biasa2 aja.. seperti kota di Jawa pada umumnya.
Tidak seindah di Batu, Malang atau Bali itu sih pasti..
Jadi tur pake bis tingkat "Werkudara" pun saya rasa sangat kurang menggigit..
Nothing to see.. emang karena intinya cuman ngajak thania naik bis aja. Dimana sptnya dia itu mabok darat deh.. krn pas di bis sama sekali gak ngomong.. datar aja ekspresinya. nah giliran udah turun baru ngoceh.
Emang bis tingkat itu ceritanya made in Solo.. ya model kaya mobil esemka itu..
trus cuman satu2nya di Indonesia sekarang..
Still .. so what?
ditambah pemandunya gak asik sama sekali. Cuman bilang, ya di kanan jalan ada ini.. di kiri ada itu.. halaaah..  eyang kakung juga bisa kali.. justru lebih banyak ceritanya.
Harus nya lebih dieksplor lagi kali ceritanya.. huuuft..
Well anyway yah boleh lah di apresiasi usahanya untuk menjadikan Solo lebih ramah terhadap wisatawan.
Mungkin Solo ingin juga membuat suatu ciri khas, spt Jogja dengan jalan malioboronya, kota gede dan lain2.. yang menjadikan Jogja lebih menggairahkan buat wisatawan.
Solo bahkan udah punya tagline sendiri.. Solo , the spirit of Java lengkap dengan logonya.. dan ada museum batik disini yang katanya ada 1000 an kain batik.
Tapi menurut saya.. obyek2 wisatanya harus lebih dipoles lebih apik dan harus lebih kreatif nih dinas pariwisatanya.. or else.. susah deh nyamain pamor Jogja :)
Walopun di Solo batik2 nya juga bagus2.. tapi ya tetep aja di Jogja pun ada batik juga.
Terus jalanannya ya pada bergelombang gitu.. infrastruktur harus dibenahin.. dan yang penting juga gimana caranya biar banyak airline yang terbang ke Solo.. krn emang dibanding Jogja, bandara Solo itu lebih bagus, tapi lebih sepi..
Dan... entah knp ya? saya ngerasa kalo Solo itu kalo siang puanaaas bener ya?
Gak banyak yg terbang ke Solo.. mudah2an bener nih th 2013 Citilink buka penerbangan Bpn-Solo ..






Dan emang di Solo ini warga sangat bangga pada sosok Jokowi gituh :)

Emang Solo itu kekuatanya menurut saya pada kulinernya sih..
Kupat tahu yang enak.. tengkleng enak.. trus makanan pada murah gitu :)
trus ajegile.. disini sate guk guk dijual di tenda2 dimana2.. saya sih gak makan ya .. cuman gile ya? gak aman klo punya anjing di Solo kayanya.
sama babi juga ada dimana2 bahkan di pinggir jalan atau dipikul keliling "babi pikul"
well di Solo lah saya akhirnya merasakan tongseng babi :p
trus biasa lah klo di Klaten beli duren yang bener2 dagingnya tebel dan enak ..




Tapi emang niatan ke Solo bukan buat jalan2.. udah sering ini..
Ke Solo buat jenguk eyang nya dan om nya.
Dan untuk ini, Thania seneng banget bisa ketemu eyang dan omnya.. smp kembali ke Bpn pun masih nanya2, eyang kakung mana? Om Tigon (Tigor) mana? eyang uti mana? Sampe cape deh jawabnya.. hehehe
trus eyang2 nya dan omnya juga sekarang jadi udah elemen penting di lagu "satu-satu , aku sayang ........." dimana semua yg dia sukai akan disebut di lagu itu..
dan dia seneng banget bisa main lari2 di halaman eyang yang luas.. loncat2 di batu2.. dan juga ngejar kupu-kupu yang banyak banget hinggap di pohon2.
Jadi pengen yak punya halaman luas biar anak bisa puas main diluar..
Walopun pas di Solo makannya tetep susah.. dan sempet , untuk pertama kalinya temper antrum tapi overall dia senang dengan pengalaman barunya, dan ketemu dengan keluarga besarnya.

Well peaches.. eventhough you live far away from your extended family.. as long as there is flight back home.. we will take you to get to know them better..















No comments:

Post a Comment