Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Friday, March 29, 2013

Hari Hari bersekolah.. (a reflection)




Tsah... judulnya berat..
kesannya udah beneran sekolah aja si Thania :D
padahal sih ya cuma gitu2 doang .. nari2 dan loncat2an doang.

Sebenernya walaupun sudah memilih preschool buat Thania.. masih ada ketidakpuasan di sana sini..
Sebenernya saya sendiri pun belum punya cita2 yang firm buat sekolah Thania.

Well di hari2 sekolah dia.. which is cuma once a week .. dia semangats sekali , yang ku observasi dia semangat ngejalanin semua aktivitasnya,
namun memang interaksi dengan sesama teman sepermainan belum banyak.

Tapi memang semuanya cenderung begitu sih..
karena memang di usia sekarang ini, orang tua atau pengasuh wajib menemani. Jadinya ya paling lebih banyak nempel ke orang tua/ pengasuhnya aja para anak2.

Perkembangan nya dalam hal keberanian untuk permainan motorik berkembang sih..
Dia jadi lebih berani pecicilan.. yang mana malah membuat emak nya deg degan melulu..
Kalo di kasur bawaannya pengen loncat2 dan koprol *lap keringet..

Malah terakhir dia main ke rumah tetangga, dia pun loncat2 di kasur tetangga *orang tuanya ga ngajarin sopan santun apa ya* hiks

Sampai sekarang saya belum tergoda untuk bener2 masukin dia ke preschool yang lebih serius. Saya tau beberapa orang berpendapat, kalau anaknya udah bisa komunikasi dan keliatan makin pinter.. masukin sekolah, biar gak sayang intelegensianya, cepet2 diasah biar tajem (bak silet).

Tapi hasil ngobrol sama keluarga bahwa keliatan anak saya ini tipe yang lempeng dan anak baik2 gitu.. cieeeh.. nurun bundanya :D
dimana kalo kekecilan masuk malah takutnya di bully or semacamnya. soalnya dia sendiri gak ada tipe bully or galak.. so better wait waktu dia lbh gede bisa membela diri.
Ini pun terbukti waktu trial dulu di salah satu sekolah, sempet di dorong2 anak cowo, sempet mau dijorokin juga tp dianya gak ngelawan or ngerespon negatif.. malah di deketin lagi.. duuuuh emaknya geregetan pengen marahin si anak cowo itu eh si Thania malah mempraktekan bila ditampar pipi kiri maka berikan pipi kanan *anakyesus*

Terus hasil baca2 sana sini yang mengatakan bahwa biarkan aja si anak bermain saatnya memang dia harus bermain.. jangan diburu2 untuk belajar saat belum cukup umur.
Bahkan katanya jangan dulu ajari baca tulis hitung sampai 4 th an.. dan anak2 di Jerman pun 7th baru SD.
Efeknya bila terlalu memburu2 si anak adalah bisa jadi pada suatu titik dia akan merasa bosan belajar dan mogok.
Yah mungkin juga anak2 yang sekolah serius pada usia dini adalah anak2 yang pinter dan berprestasi, tapi saya ingin anak saya benar2 juga menikmati masa kecilnya.. ibaratnya mumpung memang masih sah dia hanya main2 saja.. jangan bebani dengan beban yg terlalu berat.
*baca di postingannya Ayah Edy*
Toh nanti saat nya tiba saat dia SMP - SMA dan Kuliah.. bebannya akan semakin berat..

Yess semoga saya bisa konsisten dengan ini.. memberikan anak saya hak nya untuk ceria, tidak terbeban, dan mengeksplorasi dunianya dengan bermain. tidak terbebani dahulu. Sampai secara umur cukup dan secara psikologi siap.
Memang sih untuk tiap anak beda2.. makanya sebagai orang tua yang harusnya paling tau karakter anak.. jangan pernah ikut2 an karena anak lain begini atau begitu.. kita yang paling tau anak kita.
Sesuatu yang mungkin baik dan cocok buat anak lain, belum tentu cocok buat anak kita..
dan anak gw cewe imut2 coy.. kalo bisa mah diketekin terus biar safe terus *overprotektivmode*

walopun kadang godaan dan iming2 preschool2 menghantui juga sih.

Ya paling tidak 3th keatas aja dia mulai preschool dan itu pun harus bener2 saya survey lagi mana yang paling cocok..
masih berdoa juga siapa tau ya.. siapa tauuuuu....
siapa tauuuuuu.... uuuuuuuuu *menggema dalam batin*
pas udah mau preschool beneran atau kindergarten nanti udah gak di Bpn lagi, sehingga ada pilihan yang lebih cocok, dan lebih baik..

Ada amin disana ???
Amiiiinn

Saya yakin mungkin bila nanti dia tidak sejenius temannya yang seorang prodigy tapi semoga nanti kualitas hidupnya lebih baik, lebih secure, mandiri, dan bahagia.

Karena dalam hidup tidak melulu soal kompetisi menjadi paling hebat, nilai paling tinggi, tidak melulu aku aku aku dengan egoku, aku yg paling hebat, tapi bagaimana nanti dia bisa berguna buat orang lain.

Karena terbukti ah dari mana2.. grade di sekolah tidak menjamin kesuksesan seseorang apalagi menjamin kebahagiaan.

No comments:

Post a Comment