Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Saturday, September 5, 2015

Seminar Parenting - Komunikasi Pengasuhan Anak

Yuhuuu..

Mau posting sedikit ilmu yang saya dapat dari Seminar Parenting Komunikasi Pengasuhan Anak dengan pembicara Ibu Elly Risman, Psi yang diadakan 29 Agustus lalu.
Anyway, awalnya sih emang cuman penasaran aja ama Elly Risman karena sering banget denger namanya sebagai salah satu psikolog anak yang suka wara wiri di radio dan ngasi seminar di mana-mana soal parenting. Dan juga salah satu psikolog Indonesia pertama yang sepertinya memberikan sedikit awareness mengenai pengasuhan anak di era digital serta bahaya pornografi pada otak anak.

So ketika tau ada seminar ini dan pas waktunya sepertinya saya pas lowong, ya udah daftar deh..
Gak ada sekolah jadi orang tua, jadi kalo pas sempet gini ya selalu usahain buat nambah ilmu.

Ulasan ini adalah  sebagian ilmu yang saya peroleh dari Ibu Elly dan offcourse saya tambah2in dikit pendapat saya :)
So tidak semua pendapat Ibu Elly ya ..
(Bikin disclaimer karena dunia maya suka aneh2)

Yang pertama kali dibahas adalah bagaimana banyak orang tua tidak siap ketika memiliki anak, karena ya jujur aja dalam kultur Indonesia biasanya setelah menikah langsung "dituntut" punya anak. Padahal mungkin banyak pasangan yang awalnya ingin menunda dahulu.. atau ya emang belum siap aja.Punya anak kan berarti mau melepaskan ego kita untuk hadirnya jiwa lain..
Dengan ketidaksiapan sebagai orang tua maka kita tidak menguasai 2 hal yaitu : Tahapan perkembangan anak dan tidak tau bagaimana cara otak bekerja yang nantinya berpengaruh pada kepribadian dan masa depan anak. Contohnya adalah karena kita tidak tau hal diatas maka kita sebagai orangtua sering memaksa anak untuk belajar sebelum waktunya.. misalnya calistung di usia dini, sekolah SD sebelum 7 tahun. Dimana menurut Ibu Elly, di umur sebelum 7 tahun itu otak anak belum siap untuk menerima materi-materi sekolah SD. Yang emang pelajaran SD jaman sekarang itu udah susah lho..
Menurt Ibu Elly ada bagian otak, antara otak kanan dan kiri yang belum nyambung pas usia 5 tahun itu.. (ini klo saya gak salah tangkep ya, maklum duduk belakang karena hampir telat :D).
Hmmmm ada benernya ya sepertinya, karena sering banget baca artikel-artikel dimana anak-anak Asia atau Indonesia kali ya.. pinter-pinter di awal, di SD, SMP, SMA bisa jadi juara olimpiade macem-macem karena dari kecil udah di "drill" otaknya untuk bisa membaca, berhitung, ngapain ini itu  dan bla bla bla dari kecil, tapi ketika besar ngga banyak yang akhirnya bisa menjadi pemenang hadiah Nobel. Sedangkan di Negara Barat, ngga segitunya anak kecil dah disuruh les berhitung, membaca, dan mungkin gak boleh juga 5 tahun masuk SD. Nah otaknya lebih berkembang optimal, dan ketika dewasa bisa lebih berpengetahuan.. ibaratnya "we think we know so much but we understand so little".
Yah tau sendiri di Indonesia kebanyakan ngapalin kali yee dari kecil :(.

Anyway baru tau juga ada orangtua yang sengaja men-cutikan anaknya selama satu tahun setelah TK B bila anaknya masih kekecilan. Agar pas masuk SD dah 7 tahun.
Emang sih masih pro kontra soal ini.. gimana kalo emang anaknya dah siap? kalo emang anaknya pinter? Kan tiap anak beda-beda ya kan?
Perlu lebih banyak penelitian mendalam tentang ini sepertinya.
Dann..  balik lagi pada orang tuanya.. Ortu yang paling kenal anaknya. Harusnya bisa tau apa emang si anak ini udah siap apa belom masuk SD sebelum 7 tahun, karena pinter aja gak jaminan juga sang anak siap secara mental dan emosional. Malah mungkin ketidaksiapan mental dan emosional itu yang bahaya kalo anak kecepetan masuk SD. Emang mungkin si anak dah bisa calistung, tapi kalo anaknya masih pengen main aja gimana?
Ibu Elly mengingatkan bahwa dunia anak itu ya main, main dan main.. dengan main sang anak belajar.. so mengapa mencabut dunia main itu terlalu dini dari anak?
Ini pe-er juga sih buat saya sebagai orang tua yang kadang-kadang kalo lagi timbul tiger mom mode on , tetiba nge'drill" si kakak untuk bisa membaca.. Saya lupa dunia nya adalah main, main dan main.. yang kalau saya mau ajarin baca ya harus dengan bermain se fun mungkin dan tidak memaksanya di usianya yang masih 4 tahun.
Pernah baca artikel juga.. Gak ada bedanya pas udah sekolah tingkat2 SMP atau SMA, anak yang 2 tahun dah bisa baca dengan yang 6 atau 7 tahun baru membaca :)
Belum tentu yang usia 3 tahun bisa membaca jadi anak yang gemar membaca kalau ortunya gak suka baca buku.. sukanya main gadget mulu.. JLEB JLEB..
berapa buku yang sudah dibaca tahun ini bapak dan ibu?


Oke mengenai materi komunikasinya sendiri,
Akibat kita suka salah bicara pada anak maka bisa melemahkan konsep diri anak, membuat anak diam, melawan dan menentang, tidak perduli dan sulit bekerja sama. Menjatuhkan harga diri anak dan kepercayaan diri anak. Kemampuan berpikir menjadi rendah. Tidak terbiasa memilih dan mengambil keputusan bagi diri sendiri, dan menjadi orang yang suka iri.
Contoh yang disampaikan adalah kalau kita punya anak masih kecil tapi ketika anak itu ditanya pilihan yang sederhana, yang biasanya setiap anak akan gampang menjawab seperti "Siang ini mau makan pizza atau burger?" tapi sang anak sering sekali menjawab "terserah". Itu adalah salah satu tanda-tanda bahwa kita sudah salah dalam berkomunikasi pada anak sehingga ia menjadi tidak terbiasa memilih, tidak bisa mengambil keputusan yang sangat sederhana, dan kemampuan berpikirnya rendah.
Buat saya masuk akal juga sih... karena anak2 biasanya kan maunya dituruti segala kemauannya.. kalo kebanyakan terserah berarti harus dikulik lagi tuh anak kenapa kaya males2an gitu.

Terus Ibu Elly menyampaikan ada 10 kekeliruan dalam komunikasi
1 .Bicara tergesa -gesa . Contohnya kalau pagi hari kita membangunkan dan menyuruh anak kita sekolah.. biasa ibu-ibu akan cerewet luar biasa.. padahal si anak juga kagak denger.. :D :D.. ya itulah semua serba tergesa-gesa.. anak kecil harus ngikutin jadwal orang dewasa yang gak sabaran.. padahal dunia anak adalah main, main dan main..
2. Tidak kenal diri sendiri : Orang tua pun kadang tidak mengenal siapa dirinya sendiri, kekurangan dan kelebihan kita. Kita harus kenal diri sendiri dahulu sebelum bisa berkomunikasi dengan baik dengan anak.. oke bagian ini saya agak lost :D
3. Lupa, setiap individu UNIK. Setiap anak unik.. Gaya komunikasi ke si Sulung mungkin tidak akan bisa diterapkan ke si Bungsu, karena mereka berbeda.. so ortu harus mengenal anaknya agar gaya bicara kita pun bisa disesuaikan ke sifat anak. Karena kalau kita sudah mengenali keunikan anak dan kita bisa berbicara dengan baik ke mereka, pasti pesan kita akan mudah tersampaikan. Contoh sederhana, ketika anak laki-laki pulang sekolah, cukup sampaikan pesan yang singkat-singkat seperti "cuci kaki, tangan, taro tas, ganti baju dan makan ya" . kalau ke anak perempuan bisa " cuci kaki yang bersih ya, tas nya taro di lemari dalam, ganti baju pakai kaos yang merah itu bagus ya.. trus makan, hari ini bunda masak sayur asem sama balado telur". Kalau anak lelaki pesannya terlalu banyak gak akan nyampe juga ke otaknya :D
4. Pebedaan Needs dan Wants.. disini saya lost lagi :D
5, 6 dan 7. Tidak membaca bahasa tubuh, tidak mendengar perasaan dan kurang mendengar aktif. Contohnya adalah ketika anak kita berbuat salah seperti tidak membawa pe -er, kemudian dia pulang sekolah langsung kita marah-marah. Padahal sang anak dah cukup bête juga disekolah habis disetrap, nah apalagi di rumah dimarahin lagi.. Pasti semua nasehat orang tua ngga ada yang didengarkan. ortu seharusnya bisa membaca bahasa tubuh anak, ,mendengarkan dulu perasaannya. Nah nanti ketika situasinya sudah enak, emosi anak juga sudah tidak meluap-luap, maka disitulah kita bisa berbicara hati ke hati. Menasihatinya bakal lebih didenger deh. nah ini pasti butuh latihan, karena sebagai ortu juga kita manusia yak.. klo anak salah mauny langsung kita bilangin, kita omelin, kita nasehatin.. esmosi bok esmosi.. butuh latihan lah buat sabar2.
8. Menggunakan 12 Gaya Populer
 - Memerintah : ayo kak, cepet sikat gigi!!
- Menyalahkan : tuh kan mama bilang apa? gak dengerin mama sih makanannya jadi tumpah semua
- Meremehkan : kakak pasti gak bisa deh, orang hari ini makannya dikit banget, pasti lemes gak bisa manjat itu
- Membandingkan : Adek kok gitu aja gak bisa? tuh liat temennya semua dah pada selesai..
- Mencap (label) : Emang kakak ini kalo makan lama banget. Tukang ngemut. Ibu Elly mengingatkan.. cap pada anak itu di hati lho.. susah ngilanginnya... kalo cap di muka gampang tinggal cuci muka.. JLEB JLEBB JLEEB..
- Mengancam : ayo cepat kak, nanti mama tinggal aja kalau lama pakai sepatunya
- Menasihati (di waktu yang salah) : tuh kan makanya jangan lari-lari terus, sekarang jatuh tau rasa kan.. (padahal anaknya lagi meraung-raung abis jatoh dan kakinya luka)
- Membohongi : nanti kalau ngga ngerjain tugas bakal didtengin monster lho (hahaha.. contoh ini cheesy banget yak)
- Menghibur : OOh gapapa telah sedikit kita kan.. kan yang lain juga banyak yang telat tuh.. (padahal telat itu hal salah)
- Mengeritik : ih ngga gitu dong warnainnya, masa warna nya aneh-aneh gitu.. (padahal mah biarin aja anak-anak berkreasi kan, mungkin kalau ngasi saran bisa dengan cara lain)
- menyindir : Yaaah payah deh kakak ini..
- Menganalisa : memang kalau mama perhatikan, kakak ini bla bla bla, makanya jadi bla bla bla.. coba kakak ini bla bla bla, pasti akan bla bla bla..

hosh hosh.. banyak yak.. beberapa contoh adalah kesalahan komunikasi saya sendiri :(

Menurut Bu Elly, kalau ortu ngomongnya seperti itu terus, maka anak bisa lemah konsep dirinya seperti diuraikan diatas.

Lalu bagaimana kiatnya untuk memiliki komunikasi yang baik dengan anak?
1. Baca bahasa tubuh , jadi ada penelitian bahwa ketika kita berkomunikasi maka peranan bahasa tubuh 55%, kata-kata 7% dan nada suara 38%. Jadi make sure ketika berbicara dengan anak untuk menyampaikan pesan atau nasehat, bahasa tubuh kita yang hangat, tidak seperti menghakimi, atau orang marah-marah.
Bahasa tubuh tidak pernah berbohong. kaya di serial tivi kabel "Lie to me" ituloooh.
2. Dengarkan perasaannya , sebelum kita yang nyap nyap.. dengarkan dulu suara hati anak kita.. tebak perasaannya .. misalnya Kakak capek ya hari ini? makanya dari tadi belum mandi-mandi.. Tunggu jawabannya.. dan tebak lagi.. Sepertinya sih ini memang melatih anak kita untuk bercerita pada kita, dan semacam ice breaking.. jadi kita memancing anak bicara dulu, curhat.. sebelum kita yang nyap nyap..
3. Mendengar aktif.. jujur aja kadang kalo dengar orang ngomong kita suka ngga 100%, pikiran kemana2. Nah salah satu cara melatih kita menjadi pendengar aktif adalah mirroring.. jadi kita menjadi cermin dan menanggapi perkataan lawan bicara kita , dalam hal ini anak kita.. Contoh : Menanggapi dengan serius "ooo  gitu ya kak? jadi kakak hari ini laper".. "oooh ya ampuun.. kakak lupa bawa uang jajan"
4. Hindari 12 gaya popular diatas
5. Jangan bicara tergesa-gesa.. ingat bahwa kalo tergesa-gesa masuk kuping kiri keluar kanan.
6. Belajar untuk mengenali diri dan lawan bicara kita sebelum kita bisa berkomunikasi dengan baik.
7. Ingat terusss... Setiap anak UNIK.
8. Ini ada contoh bagaiman menyampaikan pesan kita..
  Mama/ papa ( perasaan orang tua) Kalau kamu (perilaku anak) karena (konsekuensi terhadap lingkungan, diri sendiri , oru).
Jadi ingat prinsip2 diatas.. jangan sampaikan pesan kala anak emosinya teranggu.. missal lagi nangis, lagi bête.. or lagi lapar... cari waktu yang pas.

Contoh.. kakak dan adik berantem. Ortu : HEEEEYY  JANGAN  berantem terus ya. Mama pusiiiiiiiiiing jadinya. Kalau ngga stop berantem mama cubit ya!!.

In a perfect world "Mama sedih kalau kakak sering berantem sama adik, karena nanti kalian bisa terluka"..  gitu kali ya contohnya..kemudian kakak dan adik berpelukan, minta maaf  dan mencium mamah :p

But its not a perfect worrrld right ??? dan ortu hanya manusia.. makanya kita hanya bisa berlatih, belajar, bersabar dan berdoa agar Tuhan memberi hikmat menjadi orang tua yang terbaik bagi anak-anak kita.

Happy parenting :)





 

1 comment: