Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Thursday, January 5, 2012

Catatan Perjalanan ke Batu, Malang






Ah… iseng-iseng menuliskan pengalaman liburan Tahun Baru 2012 kemarin ke Batu Malang. Ini liburan pertama kita bertigaan aja.

Kenapa waktu itu memilih liburan ke Batu adalah karena melalui hasil riset di mbah Google , bahwa Batu Secret Zoo dan Museum Satwa yang terletak di Jatim Park 2; bagus dan edukatif, stroller friendly (cocok buat anak balita yang belum jalan nih), htmnya murah (terusan 60 rb untuk weekdays dan 75rb untuk weekend), terletak di kota batu yang adem (cocok buat warga balikpapan yg suka kepanasan), makanan di kota Batu dan malang katanya murah dan enak, dan emang lagi kepengen aja cari suasana baru untuk liburan.

Perjalanan ini sendiri udah kita planning dari September 2011, disitulah mulai hunting tiket, browsing2 penginapan dan mikirin itinerary selama disana. Tentu aja itinerary yang cocok buat bocah.. bukan buat emak bapake.. hehehe .

Tiket PP bertiga kemarin jatuhnya 2jt rupiah, BPN-SUB naik Garuda pagi, dan pulangnya SUB-BPN naik Sriwijaya pagi juga. Karena Thania masih bayi cuman 200rb pp. Yang penting emang tiket udah di tangan, baru deh hunting yang lain.. ternyata pas bulan Sept itu mau mulai booking Hotel blm bisa untuk New Year krn rate nya blm keluar.. Alhasil kita baru booking lagi di awal Desember krn lupa, dan… emang kebanyakan dah penuh semua. Hampir sutress tuh kemaren pas nelponin Hotel satu2 dan ternyata dah pada penuh, ada kali 6 hotel gw telpon.. alamak, mau nginep dimana pulak.. akhirnya tanya2 dan menggali lebih dalam lagi, dapatlah 1 kamar untuk New Years eve tapi twin bed .. hiks , alamat kudu ngegeser tempat tidur deh. Tapi syukurnya di tanggal 1 dan 2 nya kita boleh pindah ke yang double bed. Pyuuuuh… Thanks God.

Akhirnya kita nginep di H. Kartika Wijaya Heritage Batu dengan rate New years Eve 1,1 jt, hari kedua turun 900rb dan ketiga 725.. Horeee. Untuk tgl 31 nya sendiri dah include New Years Eve dinner, brunch untuk pagi, dapet terompet dan mainan mainan, nonton badut, dll, pokoke kumplit untuk New Years Eve, tapi krn kemaren kita kecapean mendingan bobo aja deh pas New Years Eve :D. Dan untuk hari kedua dan ketiganya harga segitu dah include breakfast dan dinner.. emang rada mahal sih untuk itungan hotel bintang 3 di daerah , tapi namanya juga high season, dan yang penting.. viewnya itu bok.. bagusnyaaa..



Surabaya kita nginep semalam dan nyari Hotel yang murmer, dapetnya di Fave Hotel yang deket banget dari Tunjungan Plaza. Ratenya 418rb/ malam.. kamarnya bersih dan sophisticated, tapi kecil maaaaak.. dan malem2 bisa denger kamar sebelah ngobrol , tp Anton gak denger tuh saking pulesnya dia molor.. hehehe. Tuh hotel emang budget hotel , gak ada the kopi dll, dan klo rekuest shower cap pun di charge 1500 perak.. cuman krn lupa di masukin billing akhirnya gw dapet gretongan :p. Cuman gambar di dindingnya itu gak banget deh.. :p










Untuk mobil kita sewa Avanza dari Flying Tour (atas rekomendasi teman) dengan rate 375rb/ hari belum termasuk BBM dan makan supir. Secara keseluruhan kami cukup puas dengan mobil dan drivernya.. orangnya ramah dan komunikatif banget (jd sekaligus guide.. hehe). Jadi klo disimpulkan biaya untuk mobil selama 4 hari itu adalah 1,450 jt, plus BBM 200rb, makan/ tip 250 rb. Itu udah termasuk dijemput di bandara Juanda ke Batu, dan dari Batu di drop di Hotel yang ada di Surabaya. Overall biaya yang kita keluarkan sekitar 8jt untuk 5d/4n Batu, Malang, Surabaya. Cukup ekonomis lah, apalagi high season.. plus memajukan wisata dalam negeri.


Karena untuk perjalanan kali ini membawa batita yang makanannya 100% rumahan alias homemade, maka kami memutuskan membawa electric steamer nya untuk membuat bubur, lengkap dengan bawaan beras, garam, gula, bawang merah, putih, keju, daun bawang, dan oatmeal. Kalo bahan mentah bisa nanti dibeli di Malang aja. trus untuk pisau juga beli disana karena takut dicekal di bandara.
Tetapi ternyata yang udah direncanakan gak bisa 100% dilaksanakan karena ternyata hotelnya tidak menyediakan kulkas, jadinya daging cincang yang dibeli di Giant Malang hanya bertahan sehari saja. Keesokan harinya sudah tidak layak lagi untuk dimasak.
Akhirnya memang tidak ada liburan yang sempurna, lauk pun harus mencoba sup dan bubur dari hotel. Mau masak-masak pun sedikit gagal. Yah gapapa lah selama liburan makanannya agak2 ngikutin orang dewasa toh dia sudah 13 bulan. Nanti ketika kembali ke rumah, mulai lagi dengan pola makan sehatnya ya nak.


Sewaktu menyusun itin di Malang, yang paling utama buat kami adalah mengunjungi Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa) ; walaupun banyak obyek wisata yang lain tapi kami gak ingin bikin si kecil kecapean. Lagian emang liburan ini gak pengen terlalu padat juga.. dan ternyata emang bener. Pas hari ke 2 pengen ke Batu Night Spectacular namun karena si bocah udah cape dan aga rewel akhirnya kita batalin aja.. Bobo aja deh di Hotel. Ntar aja klo dah gedean kita balik sini lagi ya nak.. (emake emang pengen euuy, kalo bisa sih punya properti di sini.. Amiiin)

Jatim Park 2 emang gak mengecewakan, hewan-hewannya lengkap, permainan nya banyak (buat 3th - 12 th), tempatnya luas dan pemandangannya indah, fasilitasnya juga lengkap, bahkan ada hotelnya juga disitu. Disana kita masuk jam 10 pagi dan keluarnya sekitar jam 3 kurang. Thania sempet tidur 2 x, makan snack 1 x dan makan siang selama disana.. huuuuftt.. lumayan melelahkan euuy. tapi seneng :)
 
 
Overall liburan kali ini emang rempong karena masih bawa anak batita, tapi bikin hepi dan so pasti setiap tahun kudu liburan biar ortu juga bisa refreshing.

2 comments:

  1. pak boleh minta kontak flying tour untuk rental mobilnya

    ReplyDelete
  2. wah romantis banget nih foto fotonya :)

    Wisata ke Dieng yukk
    klik Wisata Dieng
    dan dapatkan penawaran terbaik dari Wisata Dieng

    ReplyDelete