Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Sunday, August 5, 2012

My beautiful princess


Aiiih udah aga lama nih gak nulis apa2.. hehehe
Sok sibuk banget siih.. tapi emang sih, rada sibyuk - sibyuk di kantor.. di rumah pun pasti langsung fully occupied sama Thania :)
Ah nulis kali ini pengen pake gue.. pengen informal aja ..*penjelasangakpenting*

Apa kabar Thania? Puji Tuhan sehat, walopun *lagulama* tetep aja berat badan segitu doang, at least udah naik 2 ons *ngos-ngos*, tetep aja dia berada di SD -2 kalo di growth chart WHO.. sumpah kadang gue iriiiiii liat anak yg chubby - chubby. Walopun ya deep down in my heart udah tau kalo gak bener namanya banding2an anak.. orang cetakannya aja udah beda, she carries our genes not their genes :) *anakbiobangets*

Kalo tinggi badan dan lingkar kepalanya sih masih di garis ijo.. :) cuman emang beratnya aja cupu.. hehehe
Tapi eh, kemajuannya dalam bidang selain measurements nya sih fine ya bok..
Ngomongnya dah banyak banget, ceriwis banget.. apalagi kalo dibeliin buku bergambar yang baru, alamat deh kita cape ngasi tau bolak balik nama-nama binatang dan segala yang ada dalam buku.. fiuuuh.. dari umur segini udah curious bgt ternyata.

Makannya pun lumayan dah pinter, duduk di high chair, walopun gak selalu abis, dan wiken selalu penuh drama kalo makan... yah setelah ngelempar soal drama queen ke milis asiforbaby dan mother and baby ternyata dapet jawaban yang kurleb sama yaitu, emang namanya anak yg ortunya kerja dua2nya akan super duper caper kalo wiken.. soalnya dia kangen.. so .. deal with it :)
Thania lagi demen bgt makan pake kuah.. pokoke harus pake kuah.. daaaaaan... klo lagi mogok terpaksa di"sogok" pake kecap.. hihihihi.. emang kacau nih gen bapake soal kecap bener2 mendarah daging :D

Trus potty training.. let's just say, there is progress but slow progress .. hehe

Anyway soal kekurusannya ini emang jadi concern gue sih.. gue tau emang secara kasat mata dia kurus, tp toh masih masuk dalam growth chart WHO.. kadang gue pun mereview kembali pilihan pilihan gue dalam hal nutrisinya. Yah gue nyadar sih gue ini working mom, jadi soal makanan yah mau gak mau pemberiannya gue serahkan ke si mbak. walopun soal penyediannya atau masaknya, masih gue semua.. yups..
Jadi gue cuma masak, dan kasi instruksi ke mbak jam brp nyuapin makan pagi, siang sore, jam brp buah, jam brp susu dll..
Pilihan gue yang pertama adalah waktu itu memberikan asi eksklusif sd 6 bln, trus diatas 6 bln MPASI rumahan (non instant) dan masih asi juga. Diatas setahun baru gue kasi tambahan susu UHT. Nah emang Thania gak kenal sama sekali susu formula. pernah sih pas baru lahir dikasi tp setelah itu ngga dikasi lagi.. pernah juga bulan kemarin gue cobain Dancow, tp gak doyan. Sebelum 6 bln Thania termasuk baby yg cukup chubby, tp kemudian setelah makan/ mpasi.. mulailah susah bgt naik BB nya. Apalagi dia gak ngedot, so apapun susunya gak akan sebanyak itu minumnya.. pas dibawah 1 th minumnya masih disendokin aja. Baru setelah setahun lebih belajar pake sedotan.

Gue kadang mikir yah ini akibat gue terlalu pilih-pilih juga kali ya sama makanannya/ asupannya. apakah ini memang benar pilihan yang tepat? gue selalu follow twitter ID_ayahAsi dan AimiAsi yang pro-asi dan selalu diingatkan bahwa memang sufor itu gak perlu, asi is the best dan juga mpasi rumahan yang variatif sudah cukup.. tapi.. tapi....
ya ampun... gong nya pas kawinan teman kemarin, ada seorang ibu yang memang terkenal bawel dan rese pas liat Thania langsung dong ngomong dengan nyolotnya wah kurus banget ya anaknya.. ini pasti krn mamanya kerja, udah mamanya berhenti aja.. biar fokus..Buseeet.. padahal dia juga kerja. WOoooiiii.. paling bete emang klo ketemu orang yg gak deket dan jarang ketemu, tp langsung gak enak aja ngomongnya..
Mending ngomong, gimana kabarnya dll basa basi aja.. it's better that way, daripada ujug - ujug judging.. blah..

Alhasil beberapa hari kemudian gue aga parno, apalagi liat anak2 lain di Gereja yang dengan montoknya sambil ngedot.. Gue cuman takut nanti badan dia gak setinggi atau sebesar anak lainnya.. nanti dia gak pede lagi klo badannya kurus atau mungil. Secara ya, hari gini penampilan tuh lumayan penting.. hehehe.. *cetek banget pemikirannya ya*
Trus karena kan emang dari baca2, bahwa tinggi badan anak ditentukan saat usia 0-24 bulan, walaupun bisa dikejar juga nanti saat pubertas. Tapi entah ya gue pengen anak gue tinggi.. apakah dengan gue gak ngasi susu formula menyebabkan dia nanti gak setinggi teman2nya??
itu pun belum tentu juga sih..
Tapi terus baca2 twitter lagi, ngebrowse lagi dan mutusin, gapapalah lebih pendek 1-2 cm, gapapalah gak bisa jadi cover majalah parenting karena kurus, yang penting bisa sehat, tumbuh cerdas, dan di masa depan resiko obesitas, diabetes dan penyakit2 lainnya bisa lebih rendah.. amin..

Emang namanya ilmu pengetahuan selalu berkembang, belum tentu "aliran" nutrisi anak yg sekarang gue anut masih valid 20 th lagi.. tapi gue sih bener2 berharap bahwa semua yang udah gue usahakan buat Thania adalah yang terbaik. I am not a perfect mother after all.

Semoga nanti Thania klo dah gede baca ini bisa maklum sama pilihan emaknya.. bisa maklum kalo dia ntar liat foto kecilnya kok kurus.. :)  (sk)

*disclaimer*
Tulisan ini tidak bermaksud menghakimi para ibu lain dengan gaya nurture yang berbeda dari saya, karena semua ibu pasti sudah mempertimbangkan yang terbaik buat anaknya *semoga* , sesuai sikon masing2 anak. Ini bukan ngebanding2in.. this is just my story, my parenting style. Mothers are not perfect, but mothers know best :)

No comments:

Post a Comment