Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Friday, August 31, 2012

Perjuangan memberi makan anak




Ada hikmahnya juga ditinggal 20 hari mudik sama si embak :)
yang jelas gue jadi lebih mengenal Thania...

Well, awalnya sempet jiper , terutama soal makannya Thania yg susah..
jadi biasanya kalo weekdays, gue tinggal ngantor, makannya selalu habis kalo disuapin embak.

Tapi giliran weekend disuapin ama gue.. alamak drama banget deh.. habis setengah aja udah penuh perjuangan. Sampai bikin gue berpikir.. kenapa ya ni anak.. dia sepertinya cuman pengen main aja kalo ada ayah bundanya :(
Alamat gimana nih kalo gue ditinggal si embak.. and u know lah masalah utamanya Thania adalah berat badannya yg gak naik-naik... Panas kuping gue dan gondok kalo ada yang ngomong betapa kurusnya dia.. well jangan suka menilai deh.. bukan gue gak berusaha ya.
Yang jelas gue gak akan tempuh jalan singkat , seperti ngasi susu berlemak dan makanan gak sehat hanya demi angka2 di timbangan...

Makanan dia dah gue variasiin menunya.. yes Puji Tuhan masih setiap pagi bangun lebih awal buat masakin dia. Ngemil nya Thania pun lumayan banyak kok. Buah dan yoghurt juga ada.. plus susu UHT kalo gue gak ada.. Kalo ada gue ya nenen is masih bedes buat Thania. 

So just save your comments to your self, and look in the mirror first.. are you already perfect to judge others?

Emang kadang dunia emak2 kedjam bangetsss.... *pengen nangis dan nonjok bersamaan* --> ini lebay.

So far perkembangannya bagus, di usianya yang 21 bulan ini udah bisa nyanyi "Cicak di Dinding" sampai habis , "Burung Kakatua", "Tik tik bunyi hujan".. walau ada bbrp kata yg suka lupa. Dan udah bisa diajak komunikasi dengan nyambung :)

Saking dulu bingungnya kenapa ya Thania gak mau disuapin gue, akhirnya sempet ngelempar pertanyaan di milis asiforbaby dan monther and baby soal hal ini.
Ternyata I am not alone.. hehehe.. banyak juga ibu2 bekerja diluar sana yang menghadapi masalah yang sama :) ternyata kalo gue simpulkan adalah sbb:
1. Anak kita kangen sama kita tiap weekdays ditinggal kerja ama bundanya dia jadi super kangen.. jadinya bawaannya main melulu ga mau makan.
2. Kita punya perasaan terburu2.. dan anak itu peka, jadilah dia tambah rewel. So kalo lg nyuapin anak, santai aja.. jangan di target, jangan jiper duluan..

Trus observasi nyokap gue waktu merhatiin si embak yg nyuapin Thania, kita kudu tegas sama Thania.. dia pun harus tau who's the boss.. macam Dog Whisperer style gitu... heeeeh what? masa anak gw disamain doggy siiih.. and si mbak disamain Cesar Milan.. buseeet...
Tapi ternyata ada benernya juga.. Filosofinya itu.. who's the boss.. tegas dan tenang ..

Well 20 hari ditinggal embak, pas libur lebaran saya yang akhirnya "belajar" menyuapi Thania.. Pertama2 cuman habis setengah, trus ada episode full drama, trus ada episode full entertainment dimana saya harus mendongeng, membaca menyanyi dll.. Episode full TV *jangan ditiru*.
Ada juga episode full airmata.. dan acting2 macam2..kenapa acting karena ketika kita menyerah dan melepaskan celemek makannya, maka Thania akan langsung nyanyi, main dan ketawa2.. dan makan merupakan siksaan aja bagi dia :(

Sungguh iri.com sama emak2 yang anaknya doyan makan, tapi yah.. ngapain juga iri ya? semua anak kan unik.. kebetulan gue dapet yang cantik, manis, pinter, sehat tapi susah makan... jadi kurus deh...1 paket toooh.. hehehe.

back to topic..
Well di Lebaran kali ini, saya udah lebih pede menjadi seorang ibu, jadi tantangan memberi makan pun akhirnya terlewati..
Dari setengah porsi pun akhirnya menjadi 3/4 porsi dan akhirnya setelah menerapkan Filosofi Dog Whisperer , bisa juga abis makannya.. walopun emang selama Lebaran ini gak naik BBnya.. mungkin krn ada eyangnya dll.. Thania main terus, biasa bobo siang 2 kali, jadi cuman sekali..

Yesss... bisa juga gue nyuapin ya.. Thanks to 20 hari nannyless .. skill gue bertambah :D
Jadi kilas balik sama pas liburan di Makassar, pas di Hotel - banyak ibu2 yang liburan membawa babysitter buat nyuapin anaknya, tapi gue engga.. gue gendong dia sendirian pake jarik dan gue suapin sendiri.. gimana pun susahnya.. gue berusaha.. banyak dapet pandangan penuh tanya dari ibu2 lain.. entah kasian entah gak percaya ya kok ada emak kece gendong jarik anakknya dan nyuapin sendiri.. hehehehe.. ge.er..

Biarin ah... sesekali boleh dong bangga :)

(ska)




No comments:

Post a Comment