Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Sunday, September 9, 2012

Ketika saatnya harus menyapih....

Mumpung anak udah tidur jam segini,
bisa deh nulis curhatan emak2..

Anyway ceritanya 2 bulan lagi Thania akan berumur 2th..
Yes.. my little girl tambah gede aja :)

Jadi pe er saya selanjutnya yang di depan mata adalah..
eng ing eng..
Menyapih...

Tadi nya saya pikir pasti ini gampang aja..  a piece of cake lah
tapi kok ya? kalo diamati lebih lanjut Thania itu masih ketergantungan banget sama nenen kalo mau tidur, kalo ngga dikasi bisa nangis dan gak bakalan bisa tidur dia :(

Emang rencananya saya mau nyapih dia setelah usianya 2th, dan pengennya sih pake WWL (weaning with love) alias dengan metode yang lebih santai tanpa pemaksaan.. Jadi gak akan ada yang namanya ngasi pahit2 atau pedes2 di nenen biar dia gak mau lagi.. instead setiap malem kita kasi tau secara positif.. kita kasi pengertian bahwa dia udah gede dan gak usah nenen lagi gitu..
Memang sih pasti akan ada tangisan juga :(

Jadi sekarang lagi giat2nya juga baca2 soal WWL ini..

Tapi ternyata pernah pada malam2 tertentu saat mood saya bener2 ngga bagus dan badan lagi cape.. males banget rasanya nyusuin.. sempet malah ngerasa kesel banget sama tu anak ngapain juga minta nenen berkali2.. pinggang rasanya dah mo patah.. plus kadang2 dianya ngegigit..
Sempet ada masanya saya bener2 ngga ikhlas nyusuinnya.. jadi cuma kaya kewajiban aja, penuh gerutu dan kegondokan..

Manusiawi kali ya.. kadang saya pun menginginkan kebebasan juga saat malam hari. Karena kalo namanya masih nyusuin malem ya pasti kudu ngelonin sampe si bocah bener2 tidur.. ada kalanya kita juga jadi ketiduran.. mo sekedar nonton tv atau baca buku pun akhirnya gak sempet..

Ada kalanya saya merasa jenuh dan fed up banget nyusuin.. pengen rasanya cepet2 menyapih..
Apalagi diperkuat sama omongan eyangnya.. gapapa lah gak usah pas dua tahun, lebih cepet sedikit gapapa.. udah bagus kamu nyusuin selama itu..
Goyah deh saya.. saya makin gak niat dan bawaannya kesel kalo Thania minta nenen .
Sempet juga saya biarin dia menangis karena minta nenen berkali2.. akhirnya dia bisa tidur di tenangin sama ayahnya.. dalam hati saya, tuh bisa tidur berarti bisa dong ya disapih.
Saat itu ayahnya blm setuju untuk menyapih Thania.. dalam hati saya sempet gondok.. gue yang nyusuin ya terserah gue dong :(

Tapi ternyata , pada suatu hari saya di beri tahu kantor bahwa saya kemungkinan harus berangkat ke luar kota selama seminggu.. bukan dinas biasa, tapi training . Dan trainingnya ada ujiannya.. HARUS LULUS.. dan saran dari bu bos bahwa saya harus belajar dan tidak usah bawa anak.. !#%^&*$%# gubrakssss...

Panic Alert... gimana ini?? saya belum pernah namanya tidur pisah sama Thania? gimana nanti dia gak bisa tidur? gimana nanti dia gak nenen... Gimana nanti saya gak bisa tidur? hiks hiks hiks ..sumpah galau banget rasanya hari itu..
Dan eyangnya bilang.. ya ini kesempatan kamu untuk menyapih dia.. tapi ternyata.. mungkin bukan cuma Thania yang belum siap.. Saya pun sebenernya belum siap..
Ternyata memang menyapih itu bukan hanya faktor anak aja siap atau tidak.. Emaknya juga harus siap..karena ketika nyusuin itu memang ada bonding ibu-anak yang sulit deh dijelaskan dgn kata2.. yang jelas hormon2 bermain.. and.. u know lah wanita dan hormon2nya itu bikin mood warna warni :D

Malam itu saya susuin dia sambil mewek.. bener2 nyesel rasanya beberapa hari yang lalu kok jahat banget sama Thania.. nyususin tapi gak ikhlas. Kepikiran gimana rasanya nih pisah selama seminggu.. gak bobo bareng, gak kelonan sambil ketiduran, gak bisa kelonan sambil pelukan dan sambil nyium2in kepalanya , sambil peluk2an.. *yups emang ya mesra banget deh kalo nyusuin, bapake aja sampe iri wkwkwkwk*

Eyangnya juga bilang.. yah kalau anaknya ngedot mungkin lebih gampang ya nyapihnya.. tinggal ganti nenen ke dot aja.. tapi Thania gak ngedot sih.. dari bayi minum susu pake sendok trus sekarang langsung sedotan.. ya enteng di saya gak usah nyapih dot nanti.. tp apa emg bikin lebih susah nyapih? gak juga kan.... makin galau deh ...

Nyesel banget.. bener2 saya gak siap untuk segera menyapih.. saya memutuskan untuk tetap bawa dia training.. biarin deh apa kata bu bos.. konsekuensi ada di saya. Toh masih 2 minggu saya akan belajar dulu di rumah dan curi start belajar demi ngajak dia.. krn saya belum siap nyapih ..

Malam itu saya berdoa, agar saya diberi kekuatan Supermom Tingkat Dewa, agar kekeh sumekeh mau ngajak training, dan lulus dengan baik.. atau Kekuatan Supermom untuk ikhlas menyapih.. Jujur saat itu bingung bangetssss...

Ternyata keesokan harinya Tuhan menjawab doa saya.. Batch September full. jadi sepertinya ikut Batch Oktober... Fiiiiiiiuuuuuuuuuuh *jijingkrakan*

Pulang kerja langsung peluk Thania, bawa ke kamar, tutup pintu trus nyusuin :D

So glad gak harus bikin keputusan bulan ini. masih nunda bulan depan.. hehehehe..
So masih bisa mantepin hati.. apakah mau menyapih dan meninggalkan bocah, atau tetep mengajak nya training..

Sementara ini keputusannya belum final..Liat dulu venue trainingnya dimana..
Tapi emang pengennya sih ngebawa anak . Dan soal nyapih.. kita bawa santai aja.. prinsip WWL pokoke with love lah..

Merenung lagi deh malamnya.. memang sih Thania dah gede, apa sih artinya kalo nyapih lebih awal dari 2 th.. mungkin gak terlalu berbeda juga.. tapi kalo dipikir2, kan sayang ya semua antibodi yang bisa dia peroleh dari ASI , kalo ASInya harus saya stop lebih awal.. karna di umurnya segitu soal gizi mostly dari makanannya , tapi soal antibodi gak ada yang bisa ngegantiin saktinya ASI.

baca2 juga katanya klo mau nyapih jangan berbarengan dengan sesuatu perkembangan yang lain .. misalnya nyapih bareng potty training.. jadi satu2..

Tapi kalo potty sih so far dah 65% keberhasilannya.. ini juga saya ajarinnya bertahap dan pelan2.. sekarang sih udah jarang ngompol kalo siang.. mau disuruh pipis di kamar mandi.. walopun kalo pupup masih sering di celana :D
Kalo malem masih pake pospak.. yah targetnya sih 2th udah gak ngompol sama sekali kalo siang..
yang jelas lepas pospak malem ini akan gantian prosesnya sama nyapih.. jadi dia gak kaget..

Well semua masih di doakan.. semoga prosesnya bisa lancar semua..
Ketika disapih, itu pun akan menandakan kemandiriannya.. dia akan bisa tertidur sendiri, tanpa bantuan apa pun.. Ada perasaan haru, berarti my little girl makin gede aja nih.., lama2 memang dia akan semakin mandiri.. time flies..

Walaupun nanti kamu sudah besar nak, . you will always be my little girl ;)

*udah deh nulisnya.. mo belajar dulu, kalo gak ngantuk :p*

No comments:

Post a Comment