Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Friday, April 27, 2012

Mengatur Keuangan Keluarga (level basic-medium)

Hari ini udah sebulan lewat sehari di kantor baru
*yang artinya udah gajian dong ya* Big Grin... :D
Dimana2 yang namanya gajian pasti hepi, ga peduli deh besar kecilnya.. dan walopun pas tanggal 5 nanti jumlahnya dah tinggal setengah krn udah abis bayar sana bayar sini.

Well anyway, mau sharing sedikit mengenai pengaturan keuangan rumah tangga beranak satu aja .
Basicly saya dan suami setuju bahwa semua pemasukan adalah milik bersama, kita gak punya rekening bersama tapi ada pembagian tugas yang udah disepakati.. siapa yang bayar apa.
Dari masa pacaran emang kita menganut sistem open aja.. jadi gak ada tuh ceritanya soal kalo kencan, makan atau nonton harus lelaki yang bayarin.
Ya dulu sih realistis aja, sama -sama kuliah, dari keluarga biasa aja, dan doski pun nunggu kiriman dari ortu. Seringnya ya kita BS BS aja . kalo ga punya duit ya abis kencan numpang makan di rumah aja (buka kartu wkwkwkw)

Gitu juga setelah menikah, karena kita berdua kerja, otomatis semua jadi tanggungan bersama, dan so far semua bisa diatur.
Oh ya memang soal duit ini masalah yang sensitif ya, jadi waktu dulu mau merit kita dah putusin nantinya pas udah merit sistem nya kaya apa nih? apa model semua duit dikasi ke istri trus istri yang atur atau mungkin punya rekening bersama, atau gimana?

Well kalo saya justru keberatan kalo semua uang dikasi ke istri untuk ngatur... bukan karena saya boros lho.. *ya mungkin dikit sih kalau lagi galau :D* tapi karena.. saya kan juga kerja, kayanya repot deh kalo harus bener2 manage semua pengeluaran sendiri, dan males aja harus tiap hari/ minggu ngasi uang saku suami.

Akhirnya semua ya dipegang masing2, tapi kita saling tau gaji masing2.. tiada rahasia dalam slip gaji. Suami selalu nunjukin slip gajinya tiap bulan.. kalo saya sih gak pernah.. soalnya ya segitu aja tiap bulan, ga ada reimburse atau field allowance dkk.. Flat lah tarif saya :D
Intinya dalam pengaturan adalah : Semua pemasukan dan pengeluaran di-listing termasuk juga pos pos seperti charity dan family (extended family needs), dan semua printilan2.. semua harus jelas ya siapa yang bakal handle.

Oh ya kenapa saya tulis judul diatas pake embel-embel level medium.. karena menurut saya pribadi , perencanaan dan pengaturan keuangan keluarga kita masih di level awal lah.. belum semuanya ter plan dengan baik, tapi ada juga beberapa yang kita udah put effort into.

Pengaturannya secara garis besar begini : Suami yang membayar cicilan gede2.. yes sebagai keluarga muda, cicilan2 inilah yang paling menghabiskan gaji.. tapi kalo gak mulai dari sekarang nyicilnya, kapan bisa punya rumah toh..
So rumah dan mobil dari suami. Terus juga kalo ada utang credit card yang lumayan itu dari suami. Tapi prinsipnya kita selalu bayar lunas kartu kredit ini kalo untuk barang konsumtif. Kecuali barang2 kebutuhan pokok yang harganya mahal dan urgent dan mau gak mau nyicil seperti King Size Bed.. ini urgent krn anak tidur bareng sama kita dan Queen size jadi terlalu sesak, tidur jadi gak enak dan pagi gak seger ya, dan u know lah king size beserta aksesorisnya tuh mayan mahalll.. trussss... dulu cicilan tivi.. hehehehe.. tivi LCD urgent juga bok, selama bertahun tahun ya.. bertahun tahun pake tivi 17 inch yang udah sempet rusak trus nyala lagi :D. Hidup cicilan 0% saya jadi punya tipi.. norak yeee .... \\(^^)//
Yah intinya no ngutang ma credit card deh... haram bok.. kalo sekedar beli tiket pesawat online ya untuk memudahkan aja, bulan depannya langsung lunasin. Oh ya bayar nanny juga dari suami.

Trus saya.. yang saya bayar adalah; yang bebersih rumah, katering , balanja kebutuhan pokok dan rumah di cibubur. Itu aja sih yang besar2.. Plus saya juga nabung rutin (otodebet) untuk persiapan dana pensiun.. maklum lah saya sampe sekarang kan karyawan outsourcing, jadi kudu nabung sendiri buat pensiun. Trus ada juga asuransi kesehatan, yang ini sebenernya agak nyesel juga.. karena sebenernya gak penting2 amat, toh dah dicover kantor.. tapi dasar ya telemarketer itu pinter banget ngomongnya.. mau ditutup sekarang tambah rugi ntar.. huh

Oh ya soal tabungan gimana.. well to be honest, yang ini kita on - off nih..dulu ada masanya rajin nabung pake oto debet untuk tabungan pendidikan, tapi kok dipikir2 malah rada rugi ya.. mending taro di reksa dana aja *ini suami yg urus*
Tapi karena gak otodebet ya udah kadang2 lewat gitu aja kepake buat yang lain.. hiks :(

Pengen sih bener2 ngatur semua postingan2 keuangan ini.. tapi ya ada aja kendalanya, paling utama ya males.. hehehe
Dulu awal merit kita punya spreadsheet untuk ngisi semua pengeluaran dan pemasukan kita. Sekarang malah gak punya.. :(. terakhir diisi kayanya 2008 ya?

Ya sebagai rumah tangga yang gak sempurna, ada kalanya juga kan pengen nikmatin duit, pengen nikmatin hasil kerja.. so di saat2 tertentu kadang kita memutuskan untuk liburan dadakan.. hehehe..
seneng sih,, tapi trus bulan berikutnya agak suffer.. hehehehe *nyang penting hepi bow*

Tapi ya buat apa sih kerja kalo gak sesekali bisa nikmatin hasil kerja kita :)

Idealnya sih bikin financial planning seperti yang sekarang populer tuh.. tapi ya kita sih pelan2 aja, gak maksa, toh jasa financial planner juga gak murah.. malah nanti kitanya suffer deh.
Sebenernya kan ilmu garis besarnya udah punya.
Pisahkan pos untuk investasi diawal gajian.. dan invest secara terencana dan bervariasi.. trus siapkan dana darurat, siapkan asuransi jiwa bagi breadwinner keluarga. Sisanya buat bayar cicilan pokok, kebutuhan sehari -hari dan tentu aja duit rekreasi. Trus kudu tau juga kira2 kebutuhan apa aja yang perlu di hari depan seperti pendidikan anak, pensiun, usaha sampingan
Simpel aja, cuman sulitnya adalah disiplin investnya itu.. dan bagaimana mengerem sisi konsumerisme kita.

Beberapa kita dah siapin seperti invest di reksadana walopun belum sempurna, asuransi jiwa juga dah dimulai. Yang lain pelan2 lah.. :)

Kalo lagi kumat nih semangat beli2.. emang susah di rem.. tapi trus inget deh.. masa depan anak lebih penting daripada beli iPad tapi nyicil... hehehehe curcol.com

Anyway, bersyukur banget sama Tuhan sampai hari ini masih dicukupkan rejekinya.. masih bisa kerja , menabung dan invest.. memang semua pada akhirnya akan dicukupkan. Semoga gak lupa juga untuk senantiasa berbagi dengan sesama ocey.. :)




No comments:

Post a Comment