Family 3

Family 3
Just The Four of Us

Thursday, April 5, 2012

Dilema Ibu Bekerja


Sepertinya udah sering ya baca judul di atas.. nahhh dalam rangka bentar lagi hari Kartini.. maka saya juga mau nulis sesuatu aaah.. wkwkwkw, cocok kan ama foto Kartinian 2010 lalu.. *pasmasihlangsing*
But.. this is my point of view :), my own experience... *disclaimer cuuy*

Jaman sekarang gak bisa dipungkiri banyak ibu yang akhirnya memilih untuk tetap bekerja setelah punya anak.. Memilih adalah kata yg tepat.. krn sebenernya secara finansial penghasilan suami sebenernya cukup kalo diatur2 dengan baik dan bijak.. emang siiih klo 1 pintu doang penghasilan mungkin jadi gak bisa jalan2 sesering sekarang ini :p..
Ini beda case dengan para wanita yang memang harus bekerja untuk menafkahi keluarga ya.. klo yang satu itu.. saya benar2 salut dan angkat topi untuk mereka :)

Para ibu2 yang memilih bekerja ini, termasuk saya sepertinya... memilih untuk tetap bekerja, alasannya simpel aja sih. Saya memang mendapatkan kepuasan dari bekerja. Tentu aja soal penghasilan jadi lebih banyak yang bisa ditabung dan dipersiapkan untuk keluarga.. tapi bukan soal penghasilan aja sebenernya. Kalo masih inget jaman dulu pernah diajarin soal segitiga maslow, maka needs ini menjadi needs yang diatas itu.. ini memang soal aktualisasi diri . Ego memang banyak berperan disini.. wong gw udah kuliah susah2 masa gak kerja sih.. padahal logic dan analytical thinking dari kuliah sebenernya tidak hanya diterapkan di dunia kerja kok. Di dunia SAHM (stay at home mom) pasti dipake juga lah buat ngedidik anak dan ngatur rumah.

Keputusan bekerja karena juga banyak dukungan.. dari suami dan juga dari ibu saya sendiri yang dulu adalah SAHM .. katanya .. gapapa kok jadi working mom.. semua ada seni nya tersendiri, dan buktinya my hubby anak dari working mom juga turns out great aja tuh.. Jadi saya rasa stereotyping mengenai working mom  (WM) atau SAHM itu kadang gak bener ya.. semua tergatung orang2 masing masing lah :)

Dan sebenernya kalo dibilang kodrat wanita dirumah aja.. tuh kodrat dari jaman kapan ya?  mungkin pas jaman hunting and gathering jaman prasejarah itu ya? dimana para pria berburu dan wanita menunggu di rumah.. soalnya pas udah jaman bercocok tanam.. eitttsss,,, para emak pun ke ladang bercocok tanam tuuh.. bedanya memang jam nya gak kaya sekarang, dan anaknya bisa dibawa :)
Still beda jaman cuuuy..
Anyway intinya hal WM bukan menentang kodrat.. ini adalah semata2 emang garis hidup tiap orang dan pilihan tiap orang yang beda. So kalau someday saya nanti jadi SAHM, ya itu pilihan aja.. titik.. bukan ngikutin kodrat kek, apa kek.. dan mungkin aja kan klo hubby kerja di LN, saya mending ngikut dan jadi SAHM.. *hihihihihi.. ngareeep.com*.. eitttttsss... bukannya gak bisa juga cari kerja sampingan klo hubby ke LN :D

Saat terberat bagi saya memang di pagi hari pas harus meninggalkan si kecil dengan pengasuh, pas tangan melambai dadah and.. I saw that look on her face.. hiks hiks.. T_T.
Dan saat awal2 baru masuk setelah cuti melahirkan,  rasanya was was terus.. apalagi dulu si kecil masih susah minum asipnya. Awal-awal ditinggal pernah cuma 10 cc asip diminum selama 8 jam kerja.. gimana gak panik emaknya.. emang sih pas lunch break bisa pulang dan si kecil nenen langsung.. tp tetep aja masa2 itu masa tergalau lah buat seorang ibu baru.

Tapi makin kesini makin terbiasa.. tentu aja saya gak boleh absen juga mantau keadaan di rumah via telpon. dan juga nyempetin pulang ke rumah walau hanya sebentar.. (abis dijalan doang emang klo pulang siang).. Dengan pulang lumayan terobati kangennya dan lumayan bisa inspeksi sikon di rumah.

Memang yang agak memudahkan adalah sudah adanya trust ke pengasuh sekarang.. ,ceritanya bisa dibaca disini ya,  kebayang deh klo blm ada trust mungkin bawaannya gak tenang di kantor.

Yang sulit juga adalah ketika anak sakit.. bener2 pikiran bawaannya ke anak aja walaupun di kantor.. belum lagi di kantor mau minta ijin kadang gak enak gitu.. karena terkadang sudah ada cap di kantor bahwa "yaaah namanya juga ibu-ibu.. dikit2 ijin lah , inilah itulah"... Kadang orang2 kantor itu pada gak sadar apa ya.. itulah resiko memperkerjakan wanita.. Selain wanita itu biasanya lebih detail, teliti dan memang cocok pada pekerjaan-pekerjaan tertentu.. tapi ya kodratnya memang ketika punya anak, maka anak pun pasti ada dalam prioritasnya.. Tapi jangan lupa.. wanita juga biasanya loyal lho pada Company.. boleh aja diitung secara simpel, pasti lebih banyak pria yg resign atau keluar dibanding wanita..Kalo wanita lebih banyak pertimbangannya.. gak cuma nyari peningkatan karir dan gaji doang ketika memutuskan pindah..(kecuali saya kali ya.. jangan ditiru ibu ibu..hehehehe.. nggak kok.. saya juga pasti cari kantor yg banyak ibu2 loyalnya.. artinya ya kantornya lumayan sayang ibu :)) so ya kalau memang memperkerjakan wanita.. itu udah satu paket lah yaooou..

Satu hal lagi yang kadang bikin down yah situasi kerja nya sendiri.. mungkin saat kerja udah gak betah, banyak tekanan dan atasan atau dari lingkungan.. sedangkan di rumah anak juga butuh perhatian.. kadang kalo udah kaya gitu.. ya udah deh.. shopping therapy or culinary therapy.. atau buat saya sekarang.. blogging therapy.. jadi man teman en bu ibu.. kalo saya posting tuh berarti lagi galau yak.. wkwkwkwkw.

Saya juga maunya kalo kerja ya perform lah.. percuma udah kerja tapi di kantor gak perform kan.. dan itu butuh pikiran yang fokus.. emang susah kadang nih ketika ada hal2 yang gak sesuai rencana kita .

Sekedar tips dari beberapa media dan dari saya soal ibu bekerja adalah..
1. usahakan ketika udah di rumah gak mikirin kerjaan lagi ya.. simpan BB dsb, dan fokus ama anak.. *emang simpan BB pun saya belum berhasil :p*
2. Bikin to do list tiap hari buat kerjaan di kantor.. jadi kerja bisa fokus dan bisa pulang tenggo
3. Bikin to do list soal kewajiban di rumah juga.. misal bikin menu makan seminggu buat si kecil, jadi gak usah puyeng tiap hari
4. tidak ragu meminta bantuan suami atau nanny kalo emang butuh bantuan.. inget we are not supermom :)
5. Sediakan me time teteup.. biar pikiran waras.. hehehe
6. Punya teman curhat dong.. entah sesama WM or your hubby lah..
7. Selalu berusaha jadi the best di pekerjaan, dedikasi dan tanggung jawab (krn kalo kerjaan dah kita kuasain, lingkungan kerja mendukung krn kita baik performancenya.. maka kerja pun lebih betah dan enteng rasanya)
8. Keep update soal peribu-ibuan.. entah dari internet / majalah.. trust me, banyak info yg bagus yg bisa diambil.
9. Jangan lupa senantiasa bersykur dan berdoa :)
udah gitu aja.. apapun peran yang dilakukan, lakukan dengan sepenuh hati :).. sekarang saya mo nyuapin anak dulu mumpung libur :)

No comments:

Post a Comment